TEKNOLOGI SILASE KOMPLIT SEBAGAI PAKAN KAMBING PADA KELOMPOK TERNAK REZEKI DI DESA SEGARAN KECAMATAN PAGEDANGAN KABUPATEN MALANG

  • D.R.A Daning
  • K.B. Utami
  • Riyanto Riyanto

Abstract

Kelompok tani Rezeki berada di Desa Segaran wilayah Kecamatan Pagedangan dengan jarak lokasi dari pusat pemerintahan Kabupaten Malang kurang lebih sekiatr 20 km (Malang bagian selatan)  yang memelihara ternak kambing dengan sistem semi intensi, sehingga ternak tidak mendapat pakan sesuai dengan kebutuhan. Kegiatan pembinaan desa mitra sekaligus pembinaan peningkatan regenerasi muda pertanian dari program Politeknik Pembangunan Pertanian Malang menyediakan dukungan berupa ternak kambing sebanyak 4 ekor betina dan satu kambing untuk setiap kelompok ternak.  Ternak kambing sangat membutuhkan pakan dengan jumlah dan mutu yang berkualitas, sehingga pucuk tebu belum dimanfaatkan secara baik oleh peternak dan hanya dibakar. Pengabdian ini dilaksanakan selama 12 bulan dengan metode yang digunakan adalah penyuluhan, demplot (Pengawetan pakan dan Pemberian pakan). Peningkatan pengetahuan peternakan tentang pemeliharaan ternak kambing dengan sistem pemelihraan semi intensif, pemanfaatan pucuk tebu sebagai pakan ternak dan pengawetan pakan dengan cara pembuatan silase komplit, sehingga mampu memberi kontinyuitas pakan sepanjang musim dan tidak pencemaran lingkungan dengan dibakar. Kegiatan dilanjutkan dengan memberikan pakan silase komplit yang sudah jadi dengan memanfaatkan limbah pertanian dan sumber legume (pakan lokal) yang terdapat disekitar usaha peternakannya serta mengadopsi informasi teknologi penyediaan pakan untuk ternak kambing.


 


Kata Kunci: Silase komplit, penyuluhan, pelatihan, dan pemberdayaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-16
How to Cite
DANING, D.R.A; UTAMI, K.B.; RIYANTO, Riyanto. TEKNOLOGI SILASE KOMPLIT SEBAGAI PAKAN KAMBING PADA KELOMPOK TERNAK REZEKI DI DESA SEGARAN KECAMATAN PAGEDANGAN KABUPATEN MALANG. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 18, n. 2, may 2019. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/49382>. Date accessed: 18 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/BUM.2019.v18.i02.p22.