PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN PENGEMBANGAN POTENSI KEARIFAN LOKAL BERBASIS TEKNOLOGI TEPAT GUNA DI DESA KESIUT KECAMATAN KERAMBITAN KABUPATEN TABANAN

  • I.M. Merdana
  • N.L. Watiniasih

Abstract

Desa Kesiut sebagai Kawasan Pedesaan Prioritas Nasional (KPPN), menyimpan sumber daya dan kearifan lokal desa meliputi bidang pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan dan industri rumahan. Berbagai program bantuan usaha ekonomi kreatif dilaporkan cukup efektif meningkatkan kesempatan kerja dan pendapatan rumah tangga miskin di Kecamatan Kerambitan. Kegiatan KKN PPM di Desa Kesiut bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat dan pengembangan sumber daya kearifan lokal yang ada di desa melalui program kerja pokok. Metode penyelesaian program kerja pokok meliputi; (1) penyuluhan peningkatan produktivitas ternak babi dan sapi, (2) pelatihan inseminasi buatan pada ayam buras, (3) penyuluhan budidaya ikan air tawar dan pembuatan pakan ikan alternatif, (4) pelatihan biochast, (5) pelatihan pembuatan pupuk organik dan pestisida alami, (6) penyuluhan pengendalian hama pengganggu tanaman, (7) peningkatan produksi dan diversifikasi produk olahan pertanian serta pemasaran pasca panen. Melalui kegiatan KKN-PPM Universitas Udayana Tahun 2018 di Desa Kesiut, telah dilaksanakan pemberdayaan masyarakat yang partisipatif dan upaya pengembangan potensi lokal desa.


 


Kata kunci : KKN PPM, desa kesiut, pemberdayaan, penyuluhan, pelatihan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-16
How to Cite
MERDANA, I.M.; WATINIASIH, N.L.. PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN PENGEMBANGAN POTENSI KEARIFAN LOKAL BERBASIS TEKNOLOGI TEPAT GUNA DI DESA KESIUT KECAMATAN KERAMBITAN KABUPATEN TABANAN. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 18, n. 2, may 2019. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/49381>. Date accessed: 18 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/BUM.2019.v18.i02.p21.