PEMBINAAN KEPARIWISATAAN MELALUI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN BAHASA JEPANG BAGI PENGELOLA DAN GUIDE LOKAL DI DESA WISATA BEDULU KABUPATEN GIANYAR BALI

  • I.M. Sendra Universitas Udayana

Abstract

Desa Bedulu merupakan salah satu desa di Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar Bali yang memiliki potensi wisata berupa daya tarik wisata Yeh Pulu dan Goa Gajah. Kesiapan Sumber Daya Manusia merupakan modal dasar keterlibatan masyarakat lokal dalam berbagai aktifitas pariwisata. Berdasarkan karakteristik wisatawan, wisatawan yang datang berkunjung ke Kabupaten Gianyar didominasi oleh Wisatawan Jepang. Tujuan kegiatan ini untuk memberikan pembinaan kepariwisataan melalui pendidikan dan pelatihan Bahasa Jepang bagi pengelola dan pemandu wisata (guide) lokal di Desa Wisata Bedulu sebagai antisipasi menghadapi perkembangan pariwisata daerah tersebut dan perdagangan bebas dunia. Pelaksanaan kegiatan dilakukan di banjar lingkungan Desa Wisata Bedulu, Kabupaten Gianyar Bali. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan cara memberikan pembinaan kepariwisataan berupa pendidikan dan pelatihan yang meliputi: ceramah pariwisata untuk meningkatkan kapasitas masyarakat, praktek langsung Bahasa Jepang yang sangat berguna dan tepat guna kepada masyarakat pengelola dan pemandu wisata (guide) lokal yang ada di Desa Bedulu, Kabupaten Gianyar Bali. Setelah kegiatan ceramah pendidikan dan pelatihan dilaksanakan kemudian dilakukan diskusi dan tanya jawab terkait topik yang dibahas. Pada akhir kegiatan ini diharapkan masyarakat paham dan memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang cukup dalam hal pariwisata dan Bahasa Jepang yang berguna untuk profesi yang digelutinya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-14
How to Cite
SENDRA, I.M.. PEMBINAAN KEPARIWISATAAN MELALUI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN BAHASA JEPANG BAGI PENGELOLA DAN GUIDE LOKAL DI DESA WISATA BEDULU KABUPATEN GIANYAR BALI. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 17, n. 2, p. 156-170, july 2018. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/40835>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/BUM.2018.v17.i02.p27.