PENGENDALIAN PARASIT UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS SAPI BALI PADA SAPI KANDANG SIMANTRI DI KECAMATAN MENGWI KABUPATEN BADUNG BALI

  • I.A.P. Apsari Universitas Udayana

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian kepada mayarakat ini adalah untuk dapat meningkatkan produktivitas sapi bali di kecamatan Mengwi Badung, melalui upaya pengendalian penyakit akibat parasit. Sapi yang terus berada di kandang tidak mengurangi kemungkinan terinfeksi oleh parasit. Sistem pertanian terintegrasi (SIMANTRI), cara pemeliharaan sapi dengan terus berada di kandang Simantri. Target khusus yang ingin dicapai adalah mengendalikan penyakit cacingan dan ektoparasit pada sapi kandang Simantri di kecamatan Mengwi Badung. Sasaran kegiatan ini adalah petani ternak Simantri yang memelihara sapinya dengan cara dikandangkan, sesuai kandang Simantri. Metode yang diterapkan untuk tercapainya tujuan kegiatan ini adalah melakukan spraying dan pemberian obat cacing langsung ke peternak Simantri di kecamatan Mengwi Badung untuk pengendalian penyakit parasit. Pengabdian kepada masyarakat di desa Penarungan Mengwi Badung berupa pelayanan kesehatan pada ternak sapi kandang Simantri, telah dilakukan pada tanggal 8 September 2017. Simpulan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat di desa Penarungan Mengwi Badung berupa pelayanan kesehatan telah berhasil dilaksanakan dengan baik. Saran dari evaluasi hasil kegiatan ini, disarankan untuk menyertai pemberian obat anti protozoa disamping obat cacing dan vitamin pada ternak sapi kandang simantri.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-14
How to Cite
APSARI, I.A.P.. PENGENDALIAN PARASIT UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS SAPI BALI PADA SAPI KANDANG SIMANTRI DI KECAMATAN MENGWI KABUPATEN BADUNG BALI. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 17, n. 2, p. 84-89, july 2018. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/40822>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/BUM.2018.v17.i02.p14.