UPAYA PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP MATERI KULIAH DASAR PROGRAM STUDI MATEMATIKA MELALUI MASTERY LEARNING MODEL

UPAYA PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP MATERI KULIAH DASAR PROGRAM STUDI MATEMATIKA MELALUI MASTERY LEARNING MODEL

  • I.G.A.M. Srinadi
  • I.K.G. Sukarsa
  • K. Jayanegara
  • I.N. Wendri

Abstract

Kebutuhan guru privat bagi sebagian besar siswa tingkat sekolah dasar dan sekolah menengah mendorong mahasiswa Program Studi Matematika, FMIPA, Universitas Udayana khususnya yang tinggal menyelesaikan Tugas Akhir (TA) mengisi waktu luang sebagai guru privat. Penilaian yang baik dari masyarakat (stake holder) diperoleh apabila pemahaman dan penguasaan mahasiswa pada mata kuliah dasar yang mencakup konsep kalkulus (fungsi), matriks-vektor, dan peluang-statistika telah tercapai dengan tingkat kesempurnaan lebih dari 85%. Tujuan dari program pengabdian masyarakat ini, adalah meningkatkan kompetensi mahasiswa PS Matematika Universitas Udayana terhadap penguasaan mata kuliah dasar meliputi kalkulus (fungsi), matriks-vektor, dan peluang-statistika. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah berupa pendalaman materi dengan metode presentasi, demonstrasi, diskusi dan penugasan. Prosedur pelaksanaan model pembelajaran tuntas meliputi tahap orientasi, penyajian, latihan terstruktur, latihan terbimbing, dan latihan mandiri. Evaluasi dari program pengabdian dengan pemberian pre test dan post test. Indikator keberhasilan dari pelaksanaan kegiatan diukur dari adanya peningkatan kompetensi mahasiswa pada mata kuliah dasar ditandai dengan peningkatan nilai hasil belajar dan rata-rata peningkatan nilai kelompok. Implementasi model pembelajaran tuntas efektif dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa tingkat akhir terhadap penguasaan konsep mata kuliah dasar. Predikat kelompok mahasiswa semuanya memperoleh predikat sempurna, menunjukkan penerapan model pembelajaran tuntas sangat efektif dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa terhadap penguasaan konsep materi dasar. Hal ini juga ditunjukkan dari hasil uji analisis beda nilai tengah data berpasangan nilai post-test dan pre-test terjadi perbedaan nilai yang signifikan, yaitu rataan nilai post test meningkat secara signifikan dari rataan nilai pre-test.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-01-23
How to Cite
SRINADI, I.G.A.M. et al. UPAYA PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP MATERI KULIAH DASAR PROGRAM STUDI MATEMATIKA MELALUI MASTERY LEARNING MODEL. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], p. 176-184, jan. 2018. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/36841>. Date accessed: 18 june 2021.
Section
Articles