PENERAPAN METODE SAVI UNTUK PENINGKATAN KEBERHASILAN BELAJAR PADA OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DI KELAS V SD 12 JIMBARAN
PENERAPAN METODE SAVI UNTUK PENINGKATAN KEBERHASILAN BELAJAR PADA OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DI KELAS V SD 12 JIMBARAN
Abstract
Tujuan Pembelajaran Menggunakan Metode Somantic, Auditory, Verbal, Intelectually (SAVI) adalah untuk
meningkatkan keaktifan, kemandirian, ketrampilan siswa, dan keberanian siswa dalam proses belajar
mengajar (PBM) sehingga keberhasilan belajar siswa dapat tercapai dengan baik. Di Sekolah Dasar Negri 12
Jimbaran diterapkan Metode SAVI dalam Proses Belajar Mengajar pada Operasi Bilangan Bulat, hal ini
dikarenakan Pemahaman konsep dan kurangnya pengertian pada pokok bahasan Operasi Bilangan Bulat
masih rendah, maka digunakan metode SAVI ini untuk membuat proses belajar mengajar menjadi bergairah
dan tidak membosankan. Metode SAVI, yaitu suatu metode pembelajaran yang menitik beratkan pada
individu siswa dalam pembelajaran yang menggabungkan gerakan fisik dengan aktivitas intelektual dan
penggunaan semua indra yang dapat berpengaruh besar pada hasil belajar dan proses pembelajaran.
Keberhasilan belajar diperoleh dari nilai tes siswa yang sudah sesuai standart Patokan Acuan Penilaian(PAP)
diatas nilai 65. Hasil yang diperoleh menggunakan metode pembelajaran SAVI (Somantic,Auditory,Visual,
Intelectually), menyatakan bahwa p-value sebesar 0,004 ? ? = (0,05), mengindikasikan nilai keberhasilan
belajar seluruh siswa dengan PAP sudah diatas nilai 65, yaitu ada pengaruh metode pembelajaran SAVI yang
diberikan kepada siswa dalam hasil belajar, ditinjau juga dari peningkatan rata rata test siklus I dan siklus II
sebesar 4,62%. Jadi disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajara SAVI dapat meningkatkan
keberhasilan belajar siswa sehingga Efektif dilakukan di SD N 12 Jimbaran.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.