PENGGUNAAN METODE PROBLEM BASE LEARNING (PBL) PADA MATA KULIAH STATISTIKA NONPARAMETRIK

PENGGUNAAN METODE PROBLEM BASE LEARNING (PBL) PADA MATA KULIAH STATISTIKA NONPARAMETRIK

  • N.L.P Suciptawati
  • M. Asih

Abstract

Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami mata kuliah Statistika Nonparametrik, dengan menggunakan pendekatan problem base learning (PBL). PBL merupakan metode instruksional yang menantang siswa agar “belajar dan belajar”, bekerja sama dengan kelompok untuk mencari solusi masalah yang nyata. Dalam proses pembelajaran mahasiswa dibagi menjadi 7 kelompok. Setiap kelompok mencari masalah dalam dunia nyata yang dapat mereka selesaikan dengan metode Statistika Nonparametric, selanjutnya hasilnya dipresentasikan di depan kelas. Efektivitas metode pembelajaran dinilai dengan memberikan pree test dan post tes pada mahasiswa. Nila pre test dan post test diuji dengan mengunakan uji Rank bertanda Wilcoxon dengan taraf significansi 5%. Hasil uji Rank bertanda Wilcoxon menunjukkan bahwa metode PBL efektif meningkatkan nilai mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-01-22
How to Cite
SUCIPTAWATI, N.L.P; ASIH, M.. PENGGUNAAN METODE PROBLEM BASE LEARNING (PBL) PADA MATA KULIAH STATISTIKA NONPARAMETRIK. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], p. 162-165, jan. 2018. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/36752>. Date accessed: 27 oct. 2021.
Section
Articles