PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI UPAYA PEMASARAN POTENSI AGROWISATA DI DESA CATUR KECAMATAN KINTAMANI BANGLI
PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI UPAYA PEMASARAN POTENSI AGROWISATA DI DESA CATUR KECAMATAN KINTAMANI BANGLI
Abstract
Desa Catur yang terletak di Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli dikenal sebagai penghasil produk pertanian yang cukup berkualitas. Salah satu yang diunggulkan adalah kopi arabika yang lebih dikenal dengan merek “Kopi Kintamani Bali”. Panorama alam yang indah dan keunikan budaya yang juga terdapat di Desa Catur berpeluang untuk menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk merespon harapan masyarakat,Desa Catur yang berkeinginan untuk mengangkat potensi agrowisata sebagai upaya dalam meningkatkan pendapatan. Pada tahap awal, hal yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan identifikasi potensi pariwisata yang ada. Penerapan teknologi informasi kemudian dirasa penting untuk meraih potensial demand, mengingat sumber daya yang masih terbatas. Dalam pengabdian ini telah berhasil dibangun sebuah website dengan nama domain www.caturvillage.com yang terintegrasi dengan beberapa jenis media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Google+. Informasi mengenai potensi agrowisata Desa Catur dituangkan dalam bentuk artikel yang diposting pada berbagai media elektronik tersebut. Masyarakat Desa Catur khususnya generasi muda juga diberikan pemahaman sekaligus cara pengoperasian website dan media sosial. Hal tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat Desa Catur dalam memasarkan potensi agrowisata yang ada.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.