PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER BERLANDASKAN NILAI-NILAI TRI HITA KARANA DAN BERBASIS IPTEKS DI DESA GUMBRIH, PEKUTATAN, JEMBRANA

PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER BERLANDASKAN NILAI-NILAI TRI HITA KARANA DAN BERBASIS IPTEKS DI DESA GUMBRIH, PEKUTATAN, JEMBRANA

  • I. G. Suka
  • N. M. Wiasti
  • I N. S. Miwada

Abstract

Kegiatan KKN-PPM yang dilakukan di Desa Gumbrih bertujuan untuk menghidupkan kembali nilai-nilai
karakter yang positif kepada generasi muda di Desa Gumbrih dalam upaya untuk menangkis gemerlapnya
pengaruh global; memperkenalkan pelaksanaan bentuk karakter berdasarkan Tri Hita Karana (THK) pada
setiap mata pelajaran di sekolah dasar dan memberikan pelatihan perawatan lingkungan sebagai pendidikan
karakter dalam hubungan manusia dengan lingkungan. Metode kegiatan yang dilakukan adalah untuk
memberikan informasi dan demonstrasi tentang pembelajaran karakter. Hasil kegiatan ditujukan untuk
kelompok siswa sekolah dasar di Desa Gumbrih (SD 1 dan SD 2). Pembelajaran karakter dalam hubungan
manusia dengan manusia disampaikan melalui pendidikan permainan tradisional, pendidikan budaya hidup
bersih, pembelajaran puisi dan dongeng (satua bali). Pembelajaran karakter dalam hubungan manusia dengan
lingkungan disampaikan melaui pelatihan pembuatan kompos, biourin dan biopestisida bagi kelompok
simantri (sistim pertanian terintegrasi) di Desa Gumbrih, peragaan pembuatan kompos bagi siswa sekolah
dasar, pendidikan pengenalan aneka hewan langka, pendidikan pengenalan tanaman palawija. Pembelajaran
karakter dalam hubungan manusia dengan Tuhan disampaikan melalui kegiatan pesraman, pelatihan tarian
sakral dan persembahyangan bersama. Nilai-nilai karakter yang diperkenalkan seperti sikap berani, kerja
keras, sabar/tidak berpikir instan, peka terhadap lingkungan dan peduli lingkungan. Kelompok sasaran
lainnya yakni para guru yang mengajar di SD 1 dan 2 Gumbrih telah diberikan pedoman pembelajaran
karakter melalui pembuatan satuan acara pembelajaran (SAP) sebagai kurikulum ekstrakurikuler dalam
upaya mendukung pembelajaran karakter pada anak usia dini. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah telah
dihasilkan SAP (Satuan Acara Pembelajaran) sebagai kurikulum ekstrakurikuler tentang nilai-nilai karakter
dan implementasinya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-09-01
How to Cite
SUKA, I. G.; WIASTI, N. M.; MIWADA, I N. S.. PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER BERLANDASKAN NILAI-NILAI TRI HITA KARANA DAN BERBASIS IPTEKS DI DESA GUMBRIH, PEKUTATAN, JEMBRANA. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 15, n. 3, p. 1-5, sep. 2016. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/36001>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles