PENINGKATAN KINERJA LAYANAN PARIWISATA DAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DI DESA TULAMBEN KECAMATAN KUBU KABUPATEN KARANGASEM

  • M Sukana
  • A.T Umiarti
  • N Ariana

Abstract

Desa Tulamben merupakan salah satu desa yang berlokasi di timur laut Pulau Bali. Desa ini terkenal denganlokasi penyelaman berupa bangkai kapal USAT Glo Liberty. Masyarakat lokal sudah berpartisipasi dalammemberikan layanan pariwisata sejak tahun 1970-an. Mereka perlu untuk meningkatkan kemampuanpengelolaan wisata bahari dan keterampilan hospitaliti. Lebih lanjut, pertumbuhan pariwisata Tulambenmemberikan peluang yang sangat baik bagi pengembangan ekonomi perempuan lokal. Untuk mengatasipermasalahan yang ada, program pengabdian masayarakat ini menggunakan pendekatan total qualitymanagement dan social entrepreneurship.Hasil yang dicapai dari kegiatan KKN-PPM di Desa Tulamben meliputi:1) membentuk Badan PromosiWisata Bahari; 2) meningkatkan kemampuan masyarakat lokal dalam mempromosikan potensi wisata bahari;3) Membuat laman (website) objek dan daya tarik wisata ; 4) Meningkatkan keterampilan komunikasiberbahasa Inggris bagi pengusung peralatan menyelam; 5) untuk memenuhi standar layanan dan efisiensibiaya untuk meningkatkan kepuasan wisatawan; 6) membangun papan informasi bangkai kapal (shipwreck) ,papan penunjuk objek dan daya tarik wisata, dan kode etik wisatawan; 7) membentuk organisasi SimpanPinjam bagi Perempuan (SPP); 8) mengembangkan jiwa kewirausahaan dan keberanian untuk membukausaha baru; 9) meningkatkan keterampilan usaha kuliner; 10) mengembangkan keterampilan usaha kerajinanuntuk cinderamata; 11) meningkatnya produktifitas hasil ternak dan pertanian masyarakat lokal; dan 12)mewujudkan jaringan dan sinergi usaha lokal dengan lembaga pemerintah, swasta, dan perbankan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-05-31
How to Cite
SUKANA, M; UMIARTI, A.T; ARIANA, N. PENINGKATAN KINERJA LAYANAN PARIWISATA DAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DI DESA TULAMBEN KECAMATAN KUBU KABUPATEN KARANGASEM. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 15, n. 2, p. 206-215, may 2016. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/22565>. Date accessed: 04 nov. 2024.

Keywords

Kinerja Layanan Pariwisata, Pemberdayaan Perempuan, Total Quality Management, Social Entrepreneurship, Desa Tulamben