WORKSHOP WIRAUSAHA MUDA DAN PERTANIAN ORGANIK: NILAI EKONOMIS DALAM PELESTARIAN KEARIFAN LOKAL (DESA SINGAPADU TENGAH SUKAWATI GIANYAR)

  • N Tisnawati
  • N Karmini
  • A.A.B Widanta
  • I W Wita
  • K Sutrisna

Abstract

Pertanian organik adalah pertanian yang tidak hanya bermanfaat bagi kelestarian lingkungan, namun jugamemiliki nilai ekonomis. Pertanian organik merupakan implementasi dari green economy, yang harus selaludidukung penyebarannya. Pergeseran struktur ekonomi dari pertanian ke jasa, menimbulkan beberapakonsekuensi pembangunan. Antara lain pada menurunnya minat generasi muda untuk bekerja di sektorpertanian. Rendahnya minat generasi muda merupakan ancaman serius bagi keberlanjutan pertanian organikdi Provinsi Bali. Inilah yang menyebabkan perlunya sosialisasi dilakukan di kalangan generasi muda. Untukmenarik minat generasi muda, maka keterlibatan mereka dalam pemasaran produk pertanian organik dapatmenjadi strategi tepat. Penggunaan teknologi informasi disertai keuntungan ekonomis yang dapat diraih, akanmenarik minat generasi muda. Workshop wirausaha muda dan pertanian organik ini dilakukan di DesaSingapadu Tengah yang sebagian penduduknya adalah petani, selama sehari dengan mengajak pesertaberdiskusi dan berlatih singkat mengenal pemanfaatan web untuk memasarkan produk pertanian organik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-05-31
How to Cite
TISNAWATI, N et al. WORKSHOP WIRAUSAHA MUDA DAN PERTANIAN ORGANIK: NILAI EKONOMIS DALAM PELESTARIAN KEARIFAN LOKAL (DESA SINGAPADU TENGAH SUKAWATI GIANYAR). Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 15, n. 2, p. 223-228, may 2016. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/22561>. Date accessed: 26 apr. 2024.

Keywords

Wirausaha Muda, Pertanian organik, Pemasaran Daring (online)