PENINGKATAN LITERASI KEAGAMAAN TATA CARA WUDHU PADA ANAK MELALUI VIDEO BASED LEARNING
Abstract
Literasi keagamaan di kalangan anak-anak di Desa Bojong Koneng, Bogor masih perlu ditingkatkan terutama terkait pemahaman dan praktik ibadah, seperti tata cara berwudhu. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keagamaan melalui edukasi praktis tentang tata cara berwudhu melalui video based learning. Metode yang digunakan yaitu kualitatif dengan metode historikaldan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 80% anak-anak mengalami peningkatan pemahaman mempraktikkan tata cara berwudhu dengan benar. Keterlibatan orang tua dan masyarakat juga berkontribusi signifikan terhadap keberhasilan program ini. Kesimpulannya, pendekatan edukatif yang menyenangkan dan partisipatif tidak hanya membantu anak-anak memahami ajaran agama, tetapi juga mendorong mereka untuk mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Downloads
References
Alfitri. (2011). Community Development, Teori dan Aplikasi. Pustaka Pelajar.
Fata, N., Hakam, K. A., Somad, M. A., & Ruyadi, Y. (2023). Implementation of Character Building through General Subjects of Islamic Religious Education in STKIP Subang. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 83–100. https://doi.org/10.24952/fitrah.v9i1.5929
Isyti’aroh, I., Fijianto, D., Fara, A., & Cahya, S. N. (2022). Edukasi Pencegahan Diabetes Melitus Sejak Dini: Pengabdian Masyarakat di Pesantren Tahfidh Qur’an Nyamplungsari Pemalang Jawa Tengah. Abdi Geomedisains, 2(2), 100–107. https://doi.org/10.23917/abdigeomedisains.v2i2.376
Julhadi, J., & Sobhan, S. (2023). The Implementation of Drill Method to Improve Student Skills on Wudu and Salat. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15, 299–306. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i1.2567
Melviana, M., Oktaviani, A. A., Fadilah, H., & Aeni, A. N. (2023). Pemanfaatan Video Pembelajaran Berbasis Canva dalam Pengenalan Politik Islam pada Siswa Kelas 5 SD. Journal on Education, 6(1), 742–749. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2476
Mulia, P. S., & Kurniati, E. (2023). Partisipasi Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Wilayah Pedesaan Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3663–3674. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4628
Mulyadi, R., Sartika, D., & Setiawan, H. R. (2023). Pendidikan Agama Islam Sebagai Sarana Membentuk Identitas Keagamaan dalam Masyarakat Multikultural. Khazanah : Journal of Islamic Studies, 9(1), 89–96.
Muslim, A. (2012). Dasar-dasar Pengembangan Masyarakat. Samudra Biru.
Nirwanto, R., Vienlentia, R., Tahulending, M., Pratama, A., Umaroh, A., Jordi, C., Wulandari, E., Raya, I. P., Jl, A., Penyang, T., Km, N., Raya, K. J., Raya, K. P., Tengah, K., & Kaharingan, H. (2024). Penguatan Nilai-nilai Moderasi Beragama Melalui Program Pengajaran Agama di Desa Tewang Kadamba Strengthening the Values of Religious Moderation Through Religious Teaching Programs in Tewang Kadamba Village. 3.
Romlah, S., & Rusdi, R. (2023). Pendidikan Agama Islam Sebagai Pilar Pembentukan Moral Dan Etika. Al-Ibrah : Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam, 8(1), 67–85. https://doi.org/10.61815/alibrah.v8i1.249
Sari, A. (2024). Strategi Guru PAI Dalam Menciptakan Pemebelajaran Yang Aktif dan Menyenangkan Di Kelas VII SMP Pelita Cendekia Cipining Bogor. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(2), 264–278.
Sumodiningrat, G. (2009). Pemberdayaan Masyarakat. PT Gramedia Pustaka Utama.
Surono, Y. E. (2023). Peran Orang Tua dalam Membangun Pendidikan Agama Islam yang Berkualitas di Pendidikan agama Islam merupakan bagian integral dalam kehidupan umat Muslim , dan memainkan peran penting dalam membentuk identitas keagamaan individu dan masyarakat . Salah satu . Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama, 3(2).
Zebua, S. C., Gulo, W. M., Lase, R. S. Y., & Harefa, N. A. J. (2024). Analisis Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Swasta Idanoi. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 4057–4063. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i3.1479

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.