PELATIHAN BAHASA INGGRIS UMUM DAN MARITIM MELALUI PEMBELAJARAN INTERAKTIF

  • Ryan Puby Sumarta Politeknik Pelayaran Sorong

Abstract

Bahasa Inggris, sebagai bahasa internasional, digunakan secara luas untuk berbagai tujuan di seluruh dunia, terutama untuk komunikasi. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi internasional, khususnya dalam bahasa Inggris, dan untuk berkontribusi dalam mengembangkan masyarakat yang lebih inklusif, berpengetahuan luas, dan berdaya saing global. Kegiatan diikuti oleh 50 orang yang merupakan anak-anak yang tinggal di panti asuhan Al-amin Muhammadiyah dan panti asuhan Pelangi. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi persiapan dan pelaksanaan sesi pelatihan. Kegiatan persiapan awal yang dilakukan adalah melakukan rapat koordinasi dan membentuk tim pelaksana kegiatan. Selanjutnya, tim pelaksana mulai menentukan lokasi  dan waktu kegiatan serta membuat jadwal kegiatan pengabdian masyarakat. Lokasi yang dipilih untuk kegiatan ini adalah Politeknik Pelayaran Sorong. Selama pelatihan, kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan secara langsung melalui metode ceramah dalam menyampaikan materi pelatihan, diikuti dengan kegiatan permainan dan bernyanyi dalam bahasa Inggris. Kegiatan ini mendapat respon yang sangat positif, terbukti dari antusiasme dan ketertarikan para peserta dalam mengikuti proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, I. G. A. M., Skolastika, I. M. P., Damayanti, N. L. P. T., & Wisanta, P. A. (2023). Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Games Bagi Siswa SMA Negeri 1Penebel. Madani : Indonesian Journal Of Civil Society, 5(1), 28–34. https://doi.org/10.35970/madani.v1i1.1705

Amiruddin, M., & Jannah, U. R. (2021). Pelatihan Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Dini di Daerah Terpencil Kecamatan Pademawu Pamekasan. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 18–22. https://doi.org/10.53299/bajpm.v1i1.34

Andriani, G. (2021). Panti Asuhan Milik Boaz Salossa Terima Bantuan dari Kejari Sorong. Papua Channel. http://papuachannel.com/2021/07/16/panti-asuhan-milik-boaz-salossa-terima-bantuan-dari-kejari-sorong/
Ayuningtyas, P. (2021). Pelatihan Bahasa Inggris Dasar Bagi Perangkat Desa di Kabupaten Purworejo Jawa Tengah. Abdi Wina Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 6. https://doi.org/10.58300/abdiwina.v1i1.183

Dahniar, N. (2019). Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Bermain Gambar Pada Kelompok Belajar Anak Sd Di Kelurahan Katobengke. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 4(2), 39–50. https://doi.org/10.35326/pencerah.v4i2.296

Fujiono, Reny Rosalina Rahmawati, & Ainur Rofiq Hafsi. (2022). Penerapan Media Gambar sebagai Upaya Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(3), 786–793. https://doi.org/10.30653/002.202273.64

Gunawan, V. (2014). PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUCAPAN BAHASA INGGRIS MELALUI METODE BERNYANYI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN Veronica Gunawan, Yuline, Halida PG-PAUD FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak. Journal Education, 1–13.

Jambeck, J. R., Geyer, R., Wilcox, C., Siegler, T. R., Perryman, M., Andrady, A., Narayan, R., & Law, K. L. (2015). Plastic waste inputs from land into the ocean. Science, 347(6223), 768–771. https://doi.org/10.1126/science.1260352

Kartika, S., Khaeri, M. S., Tinggi, S., Islam, A., Saleh, B., & Belajar, H. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris Melalui. Jurnal Pakar Guru, 03(April), 93–102. https://ejournal-leader.com/index.php/pakar/article/view/22%0Ahttps://ejournal-leader.com/index.php/pakar/article/download/22/10

Magfirah, S., Adam, S., Maricar, F., & Pandjaitan, I. P. (2021). Pelatihan Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris melalui Media Games di Lingkup Komunitas Ternate. ADMA : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 109–116. https://doi.org/10.30812/adma.v2i1.1261

Niman, M. (2022). Indonesia Penghasil Sampah Plastik di Laut Terbesar Kedua. Berita Satu. https://www.beritasatu.com/news/929271/indonesia-penghasil-sampah-plastik-di-laut-terbesar-kedua

Setiawan, K., & Pasau, P. (2017). IbM Pemberdayaan Anak Panti Asuhan. E-Dimas, 8(2), 227. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v8i2.1453

Susylowati, E., ZA, D. R., Pujiastuti, T., & Zakiyah, F. (2022). Pelatihan Bahasa Inggris Bagi Santri. Jurnal Abdi Dharma Masyarakat, 3(2), 29–33.

Tahang, H., Yuliana, Y., Hardianti, R., & Ohorella, H. M. (2022). Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Anak Asuh di Panti Asuhan Putri Muhammadiyah Al-Amin Kota Sorong. Abdimas: Papua Journal of Community Service, 4(1), 78–84. https://doi.org/10.33506/pjcs.v4i1.1601

Warman, J. S., & Mardiyah, F. (2019). the Implementation and Effectiveness of Integrated Approaches in Improving English Basic Skills for Beginners. 6(1), 1–10. http://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/jeelURL:https://doi.org/10.32682/jeell.v6i1.1036

Yulia, Y. (2013). Teaching challenges in Indonesia: Motivating students and teachers’ classroom language. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 3(1), 1–16. https://doi.org/10.17509/ijal.v3i1.186
Published
2023-12-26
How to Cite
SUMARTA, Ryan Puby. PELATIHAN BAHASA INGGRIS UMUM DAN MARITIM MELALUI PEMBELAJARAN INTERAKTIF. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 23, n. 5, p. 423-428, dec. 2023. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/106972>. Date accessed: 21 nov. 2024.