PENGEMBANGAN KARAKTER SUSTAINABLE ENVIRONMENT PADA USIA DINI MELALUI PROGRAM URBAN FARMING

  • G.M.K. Arisena Universitas Udayana
  • K.E. Saputra Universitas Udayana
  • N.L.M.I.M. Dewi Universitas Udayana
  • N.M.C. Sukendar Universitas Udayana

Abstract

Sempitnya lahan sebagai tempat untuk menanam dan kurangnya edukasi tentang pertanian menyebabkan menurunnya minat seseorang untuk melakukan aktivitas di bidang pertanian. Ditambah dengan tipe gaya hidup, teknologi, serta kurang populernya profesi petani menambah menjauhnya minat anak kecil terhadap pelestarian lingkungan. Padahal pertanian merupakan hal yang paling penting dalam mempertahankan dan keberlangsungan aspek pertama kehidupan yaitu pangan. Maka dari itu kegiatan ini sangat penting untuk pengenalan urban farming bagi anak yang masih berusia dini untuk tahu dan mengerti akan pengolahan pertanian dengan lahan dan kondisi yang kurang layak. Target yang diprioritaskan pada kegiatan ini adalah anak dapat mengetahui proses pertanian, urban farming, pelestarian tanaman, serta keberlangsungan ekosistem alam. Kegiatan ini juga mengajak anak untuk ikut dalam mempraktekkan kegiatan bercocok tanam dari kecil sehingga dapat menumbuhkan karakter yang pecinta alam. Pelaksanaan Program Udayana Mengabdi (PUM) ini adalah berupa memberikan pengetahuan dan pelatihan anak usia dini di SD N 2 Buwit, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan untuk pengenalan bercocok tanam sederhana dan memelihara tanaman. Di lokasi anak akan diberikan pengetahuan tentang bercocok tanam dan anak akan ikut mempraktekkan kegiatan cocok tanam di kebun. Luaran kegiatan ini adalah berupa pelatihan penanaman sederhana dalam rumah, pemberitaan media sosial, seminar serta publikasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afaraby, F. Z. F., Yusiana, L. S., & Utami, N. W. F. (2021). Perancangan taman edukasi di Sekolah Harapan Bunda Jimbaran. Jurnal Arsitektur Lansekap, 7(1), 41.

Ardiansyah, & Suryadi, B. (2022). Peningkatan Pendapatan Masyarakat Melalui Penerapan Teknologi Budidaya Cabe di Pekarangan. Buletin Al-Ribaath, 1(1), 178–184.

Effendi, R., Salsabila, H., & Malik, A. (2018). Pemahaman Tentang Lingkungan Berkelanjutan. Modul, 18(2), 75.

Fauzi, A. R., Ichniarsyah, A. N., & Agustin, H. (2016). Pertanian Perkotaan : Urgensi, Peranan, Dan Praktik Terbaik Urban Agricuture : Urgency, Role, and Best Practice . Jurnal Agroteknologi, 10(01), 49–62.

Khasanah, N. (2021). Urban farming Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Sulampua. Medikonis : Jurnal Media Komunikasi Dan Bisnis, 12(2), 10–19.

Kusumastuti, D. R., Rahmawati, R., Marsudi, Martono, & Suparman. (2022). Analisis Penerapan Metode Konstruksi Di Luar Lokasi (Offsite Construction) Di Indonesia. 13–20.

Meilanitasari, P., Adetya, N. P., Prasodjo, N. P., Widyadhana, E., Wirayudha, R. A., & Erdiansyah, S. R. (2023). Penentuan Lokasi Urban farming dengan Metode Factor-Rating di Kabupaten Gresik. Jurnal Penelitian Inovatif (JUPIN), 3(2), 265–276.

Pratiwi, Y., Darwis, D., Fitriani, E., Sutrisno, M. G., Citra Dewi, G., & Fathar Aulia, M. (2021). Urban farming Sebagai Solusi Ketahanan Pangan Di Desa Kaliabang Tengah, Bekasi Utara. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 2021 (SNPPM-2021), 18, 64–73.

Ranzez, M. C., Anwarudin, O., & Makhmudi, M. (2020). Peranan Orangtua Dalam Mendukung Regenerasi Petani Padi (Oryza Sativa L) Di Desa Srikaton Kecamatan Buay Madang Timur. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(2), 117–128.

Roidah, I. S. (2014). Pemanfaatan Lahan Dengan Menggunakan Sistem Hidroponik. 1(2), 43–50.
Setyabudi, I., Alfian, R., & Nailufar, B. (2017). Konsep Taman Edukasi pada Sekolah Dasar di Kota Malang ( Studi Kasus : SDN Lowokwaru 3 Malang ). Jurnal RUAS, 15(1), 23–34.

Zuhriyah, A. (2021). Urgensi Penerapan Outdoor Learning dalam Praktik Pendidikan Lingkungan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 5170–5182.
Published
2024-11-19
How to Cite
ARISENA, G.M.K. et al. PENGEMBANGAN KARAKTER SUSTAINABLE ENVIRONMENT PADA USIA DINI MELALUI PROGRAM URBAN FARMING. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 24, n. 3, p. 186-191, nov. 2024. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/106420>. Date accessed: 14 oct. 2025.