STUDI ALIRAN DAYA JARINGAN DISTRIBUSI 20 KV DI BALI DENGAN METODE YANG LEBIH CEPAT

  • I Nyoman Setiawan Universitas Udayana

Abstract

Metode analisa aliran daya pada sistem distribusi radial telah banyak dikembangkan. Salah satu metode yang cukup baik telah diusulkan oleh Mekhamer. Metode ini lebih sederhana dari Newton Raphson dari segi perhitungan iterasi, tidak perlu membentuk admitansi bus dan tidak perlu menggunakan matrik Jacobian.

Kedua metode ini dicobakan pada Penyulang Bukit Jati dan VIP 2 merupakan penyulang-penyulang yang digunakan sebagai obyek analisa aliran daya. Penyulang Bukit Jati adalah penyulang di wilayah Bali Timur, sedangkan Penyulang VIP 2 adalah penyulang di wilayah Bali Selatan.

Hasil analisa dengan metode ini dibandingkan dengan metode Newton Raphson. Metode pendekatan yang digunakan ini lebih cepat, walaupun jumlah iterasi yang diperlukan lebih banyak daripada metode Newton Raphson. Untuk hasil tegangan bus kedua metode menunjukkan hasil yang mendekati sama. Dalam semua analisa, metode ini menunjukkan hasil yang baik, tidak mengalami masalah konvergensi, sehingga analisa aliran daya padaj aringan distribusi 20 kV di Bali dapat deselesaikan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2007-01-08
How to Cite
SETIAWAN, I Nyoman. STUDI ALIRAN DAYA JARINGAN DISTRIBUSI 20 KV DI BALI DENGAN METODE YANG LEBIH CEPAT. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, [S.l.], v. 6, n. 1, jan. 2007. ISSN 2503-2372. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jte/article/view/236>. Date accessed: 02 may 2024.