ANALISIS KAJIAN GELOMBANG, ARUS, DAN SEDIMENTASI DALAM UPAYA MERESTORASI PANTAI SISI TIMUR PULAU PRAMUKA, KEPULAUAN SERIBU, JAKARTA

  • Alvin Yesaya Program Studi Sarjana Teknik Sipil Universitas Udayana, Jimbaran, Bali, Indonesia
  • Bayu Wintoro Program Studi Magister Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung, Bandung, Indonesia

Abstract

Pulau Pramuka merupakan pulau terbesar di Kepulauan Seribu, Jakarta yang memiliki permasalahan yaitu kurangnya luasan pantai sebagai spot wisata. Pemerintah daerah berencana membuat destinasi wisata baru di sisi timur pulau dengan melakukan restorasi pantai yaitu menambah pasir di pantai (beach nourishment). Letaknya yang berada di tengah laut Jawa sehingga dampak lingkungan seperti gelombang, arus, dan sedimentasi harus diperhitungkan. Penelitian ini bertujuan untuk mencari skenario yang optimal dari 3 skenario setelah dilakukan beach nourishment yaitu skenario-1 tanpa bangunan pantai, skenario-2 menggunakan groin di kedua sisi, dan skenario-3 menggunakan groin dan membuat celah terhadap breakwater eksisting. Metode yang digunakan adalah menggunakan simulasi model numerik untuk mengetahui kondisi gelombang, arus, dan sedimentasi serta melakukan hindcasting untuk mendapatkan gelombang ekstrim 50 dan 100 tahunan. Model di validasi menggunakan data observasi pasang surut yang dilakukan di lapangan selama 15 hari dengan metode Root Mean Square Error (RMSE) sebesar 1%.  Hasil simulasi gelombang 50 dan 100 tahunan paling kecil adalah skenario-2 yaitu 0.22 m dan 0.24 m. kecepatan arus terkecil pada skenario ke-3 yaitu sebesar 0.11 m/s menuju timur laut saat pasang dan 0.04 m/s menuju arah barat daya saat arus terendah. Simulasi sedimen transpor menunjukkan skenario-1 & skenario-3 terjadi erosi sedangkan skenario-3 terjadi sedimentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah skenario-2 merupakan opsi terbaik untuk melakukan restorasi pantai sehingga dapat terjaga dari ancaman gelombang, arus, dan erosi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-01-31
How to Cite
YESAYA, Alvin; WINTORO, Bayu. ANALISIS KAJIAN GELOMBANG, ARUS, DAN SEDIMENTASI DALAM UPAYA MERESTORASI PANTAI SISI TIMUR PULAU PRAMUKA, KEPULAUAN SERIBU, JAKARTA. JURNAL SPEKTRAN, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 72-82, jan. 2023. ISSN 2809-7718. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jsn/article/view/97100>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/SPEKTRAN.2023.v11.i01.p09.
Section
Articles