PENGARUH ABU SEKAM PADI DAN HIGH DENSITY POLYETHYLENE SEBAGAI SUBTITUSI SEMEN DAN AGREGAT HALUS TERHADAP KUAT TEKAN MORTAR

  • Mochammad Rizqi Fadhillah Univeristas Pancasila
  • Resti Nur Arini

Abstract

Dalam dunia konstruksi, beton maupun mortar adalah campuran yang umum digunakan pada bangunan, diperoleh dari pencampuran air, semen, dan pasir. Adapun bahan sebagai pengganti dari bahan umum pembentuk beton maupun mortar, seperti sekam padi dapat dimanfaatkan dengan dijadikan abu terlebih dahulu melalui pembakaran pada suhu 600° - 900°C, sehingga didapat abu sekam padi dengan kadar silicon dioxide (SiO2) dan Alumunium Oxide (AI2O3) yang menyebabkan sifat pozzolan yang serupa dengan sifat semen. High density polyethylene merupakan resin polyester yang bersifat kuat, tahan terhadap panas, dan ringan, hal itu membuat HDPE dapat meningkatkan kuat tekan mortar mortar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengurangi limbah plastik terutama yang berjenis HDPE dan juga mengurangi proporsi semen dalam campuran mortar dengan presentase tetap HDPE adalah 2%, dan presentase abu sekam padi sebesar 3%, 3.5%, 4%, 4.5%, dan 5%, untuk campuran mortar dilakukan dengan perbandingan 1:3. Sebelum dibuat sampel mortar untuk dilakukan pengujian kuat tekan, dilakukan terlebih dahulu pengujian waktu ikat untuk mengetahui pengaruh abu sekam padi terhadap campuran semen, selanjutnya dilakukan pengujian kuat tekan pada umur 7 hari, 14 hari dan 28 hari dengan perawatan didiamkan pada suhu ruang dan direndam dalam air. Hasil dari penelitian ini diperoleh mortar dengan nilai kuat tekan optimum sebesar 8,35 MPa, dan nilai kuat tekan terkecil didapat sebesar 5,76 MPa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-01-31
How to Cite
FADHILLAH, Mochammad Rizqi; ARINI, Resti Nur. PENGARUH ABU SEKAM PADI DAN HIGH DENSITY POLYETHYLENE SEBAGAI SUBTITUSI SEMEN DAN AGREGAT HALUS TERHADAP KUAT TEKAN MORTAR. JURNAL SPEKTRAN, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 36-44, jan. 2023. ISSN 2809-7718. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jsn/article/view/90716>. Date accessed: 23 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/SPEKTRAN.2023.v11.i01.p05.
Section
Articles