ANALISIS MITIGASI POTENSI LIKUIFAKSI (STUDI KASUS : PROYEK PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA GAS DAN UAP LOMBOK, NUSA TENGGARA BARAT)

  • Daniel Yudha Prayoga authors
  • I Wayan Redana Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Udayana
  • Annisa Maria Hidayati Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Udayana

Abstract

Likuifaksi memiliki dampak terhadap pondasi karena dapat mereduksi nilai daya dukung aksial dan lateral yang akibatnya akan menyebabkan kegagalan infrastruktur. Proyek PLTGU Lombok dipilih menjadi daerah studi karena daerah tersebut diprediksi memiliki potensi likuifaksi. Pada area building, sistem pondasi yang direncanakan adalah tiang pancang. Area tersebut memiliki potensi likuifaksi di lapisan tanah kedalaman berkisar antara 2 sampai 30 meter. Penelitian ini membahas juga perubahan konfigurasi pondasi tiang yang digunakan sebelum dan sesudah likuifaksi. Untuk alternatif mitigasi likuifaksi, dianalisis perbaikan tanah dengan menggunakan stone column yang dapat meningkatkan kuat geser tanah. Analisis potensi likuifaksi dilakukan dengan metode tsuchida chart dan NCEER, sedangkan metode analisis daya dukung tiang tunggal menggunakan Software LPILE v5.0 dan analisis untuk menentukan konfigurasi tiang kelompok menggunakan Software GROUP v8.0. Saat kondisi likuifaksi, hasil penelitian menunjukan daya dukung aksial tekan tidak mengalami reduksi dikarenakan ujung tiang tertanam pada lapisan tanah keras sehingga daya dukung aksial tekan telah mencapai kapasitas maksimumnya. Daya dukung aksial tarik mengalami reduksi berkisar 1 hingga 47%. Daya dukung lateral mengalami reduksi berkisar 0 hingga 48%. Pada analisis daya dukung tiang grup, perbedaan jumlah pile yang diperlukan dengan kondisi sebelum dan setelah likuifaksi cukup signifikan. Jumlah tiang yang diperlukan ketika kondisi sebelum likuifaksi adalah 121 tiang dengan panjang tiang 30 m sedangkan jumlah tiang yang diperlukan untuk kondisi setelah terjadi likuifaksi adalah 169 tiang dengan panjang tiang 30 m. Untuk area non building, perbaikan tanah yang cocok pada lokasi studi adalah stone column dengan diameter 0.6 m, spasi 0.7 m, dan pola segitiga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ishihara, K. dan Cubrinovski, M. 1998. Soil-Pile Inteaction in Liquefied Deposits Undergoing Lateral Spreading.
Croatia: XI Danube-European Conference.
Martin, G.R., Finn, W.D. Liam and Seed, H.B. 1975. Fundamentals of Liquefaction Under Cyclic Loading. Journals of the Geotechnical Eng. Division, ASCE, vol. 101, No. GT5
Pusat Studi Gempa Nasional. 2017. Peta Sumber Dan Bahaya Gempa Indonesia Tahun 2017. Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Permukiman.
Seed, H. B., and Idriss, I. M. 1982. Ground motions and soil liquefaction during earthquakes. California: Earthquake Engineering Research Institute Monograph.
Standar Nasional Indonesia (2017). Persyaratan Perancangan Geoteknik (SNI 8460:2017). Badan Standardisasi Nasional.
Tsuchida, H. 1970. Prediction and Countermeasure against Liquefaction in Sand Deposits. Proceeding of Abstract of the Seminar of the Port and Harbour Research Institute. Japan : Ministry of Transport.
Youd, T.L and Idriss, I.M. 2001. Liquafaction Resistance of Soils : Summary report from the 1996 NCEER and 1998 NCEERR/NSF Workshop on Evaluation of Liquefaction Resistance of Soils, Journal of Geotechnical and Geoenvironmental Engineering, April 2001.
Published
2021-07-19
How to Cite
PRAYOGA, Daniel Yudha; REDANA, I Wayan; MARIA HIDAYATI, Annisa. ANALISIS MITIGASI POTENSI LIKUIFAKSI (STUDI KASUS : PROYEK PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA GAS DAN UAP LOMBOK, NUSA TENGGARA BARAT). JURNAL SPEKTRAN, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 47-56, july 2021. ISSN 2809-7718. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jsn/article/view/72304>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/SPEKTRAN.2021.v09.i01.p06.
Section
Articles