ANALISIS PEMBEBANAN LALU LINTAS PADA JALAN LINGKAR IBU KOTA KECAMATAN (IKK) NUSA PENIDA BERBASIS RENCANA DETAIL TATA RUANG (RDTR)

  • I Wayan Suweda
  • I Putu Bela Yusdiantika

Abstract

ABSTRAK


Berdasarkan hasil survai tahun 2014, kecepatan perjalanan rata-rata segmen terkrusial di jalan utama Ibu Kota Kecamatan (IKK) Nusa Penida hanya 23,61 km/jam akibat tingginya intensitas parkir di tepi jalan serta belum tersedia rute alternatif. Pemerintah Kabupaten Klungkung telah merencanakan tata guna lahan (TGL) di IKK Nusa Penida dengan membuat Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan jalan lingkar untuk memindahkan lalu lintas menerus. Jalan lingkar serta TGL yang direncanakan dalam RDTR diasumsikan beroperasi tahun 2020. Penelitian ini menganalisis beban lalu lintas total pada jalan lingkar yang terdiri dari volume lalu lintas yang dihasilkan TGL dan volume lalu lintas menerus sehingga jumlah lajur (kapasitas jalan) cukup agar tingkat pelayanan jalan tidak kurang dari level C sampai akhir umur rencana jalan tahun 2040. Data yang digunakan berupa tingkat bangkitan perjalanan dari tiap tipe TGL, data pencacahan lalu lintas, waktu tempuh kendaraan dan asal-tujuan perjalanan. Data survai diperoleh tahun 2018. Volume lalu lintas yang membebani jalan lingkar IKK Nusa Penida pada jam puncak tahun 2020 terdiri atas; 1) volume lalu lintas menerus hasil persamaan Moskowitz untuk jarak dan waktu yang dihemat sebesar 207,11 smp/jam; 2) bangkitan lalu lintas dari TGL (lalu lintas lokal) sebesar 346,56 smp/jam, sehingga total beban lalu lintas adalah 553,67 smp/jam. Total beban lalu lintas bervariasi bergantung pada tingkat pertumbuhan yang dipilih. Berdasarkan tingkat pertumbuhan rendah jumlah lajur 2/2 UD cukup sampai dengan akhir umur rencana, namun untuk pertumbuhan sedang dan tinggi diperlukan 4/2 D mulai tahun 2035.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

I Wayan Suweda

Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Udayana

I Putu Bela Yusdiantika

Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Udayana

Published
2020-07-30
How to Cite
SUWEDA, I Wayan; YUSDIANTIKA, I Putu Bela. ANALISIS PEMBEBANAN LALU LINTAS PADA JALAN LINGKAR IBU KOTA KECAMATAN (IKK) NUSA PENIDA BERBASIS RENCANA DETAIL TATA RUANG (RDTR). JURNAL SPEKTRAN, [S.l.], v. 8, n. 2, july 2020. ISSN 2809-7718. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jsn/article/view/71101>. Date accessed: 20 apr. 2024.