PENGARUH MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEKERJA PADA PROYEK KONSTRUKSI DI KABUPATEN BADUNG

  • Anak Agung Diah Parami Dewi Magister Teknik Sipil Universitas Udayana
  • Mayun Nadiasa Program Studi Magister Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Udayana Denpasar
  • Ida Bagus Putu Yoga Aksa Naradhipa Program Studi Magister Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Udayana Denpasar

Abstract

Aset utama utama meningkatkan efektivitas maupun produktivitas pada setiap kalamgan pekerja proyek konstruksi adalah sumber daya manusia. Kinerja dari pekerja ini akan dipengaruhi oleh motivasi, sebab motivasi berdampak secara signifikan pada berbagai kepuasan kinerja untuk menghasilkan atau merealisasikan berbagai hal seperti: kebutuhan, harapan, keadilan dan lain-lainnya dalam setiap individu. Motivasi sendiri memiliki kedudukan meningkatkan kinerja yang sangat penting dalam untuk para pekerja dalam proyek konstruksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap kinerja pekerja pada proyek konstruksi di Kabupaten Badung. Dalam penentuan sampel metode yang akan digunakan adalah simple random sampling yang dimana memenuhi beberapa kriteria sampel berjumlah 30 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, analisis kolerasi berganda, uji determinasi, uji F (uji anova), dan uji t-Test dengan bantuan program SPSS v24. Hasil penelitian ini motivasi dibagi 3 indikator yaitu indikator kebutuhan berpengaruh signifikan dilihat dari hasil perhitungan uji t dimana didapatkan nilai t hitung sebesar 2,146, indikator harapan berpengaruh signifikan dilihat dari hasil uji t dimana didapatkan nilai t hitung sebesar 2,202 dan terakhir indikator keadilan juga bepengaruh signifikan dilihat dari hasil uji t dimana didapatkan nilai t hitung sebesar 2,606. Kemudian disimpulkan dari ketiga indikator ini motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja pekerja pada proyek konstruksi di Kabupaten Badung. Nilai- nilai tersebut lebih besar dari nilai t-tabel sebesar 1,705. Sedangkan dilihat dari hasil analisis liniear berganda diperoleh Y = 14,458 + 0,280 X1 + 0,466 X2 + 0,622 X3, dimana salah satunya yaitu keadilan berpengaruh paling dominan sebesar 0,622 dibandingkan dengan indikator motivasi kebutuhan dengan 0,280 dan harapan 0,466.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ervianto, I.W. (2005). Manajemen Proyek Konstruksi Edisi Revisi. Yogyakarta. Andi.
Hicks Herber & Gullet, C. Ray. 1975. Organizations: Theory and Behavior. New York: McGraw Hil.
Maloney, W. F. (1981). Motivation in Construction: A Review. Journal of the Construction Division, 107(CO4), pp. 641-647.
Mangkunegara. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Malayu, H.S.P (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara.
Soekiman, A.; Pribadi, K.S.; and Soemardi, B.W (2010). Challenges in Managing Human Resource in Indonesian Construction Industry. Proceeding of the 2nd Int’l Postgraduate Conference on Infrastructure and Environment, the Hong Kong Polytechnic University, (1), pp. 314-321.
Silaen. (2013). Metodologi Penelitian Sosial Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Edisi Revisi. Jakarta : In Media
Published
2020-05-02
How to Cite
DEWI, Anak Agung Diah Parami; NADIASA, Mayun; NARADHIPA, Ida Bagus Putu Yoga Aksa. PENGARUH MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEKERJA PADA PROYEK KONSTRUKSI DI KABUPATEN BADUNG. JURNAL SPEKTRAN, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 125-129, may 2020. ISSN 2809-7718. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jsn/article/view/59448>. Date accessed: 29 mar. 2024.