EVALUASI KINERJA SIMPANG BERSINYAL JL. RAYA CANGGU – JL. RAYA KEROBOKAN – JL.GUNUNG SANGHYANG

  • I Made Agus Ariawan Program Studi Sarjana Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Wayan Suweda Program Studi Sarjana Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • Ni Putu Delima Yogeswari Saraswati Program Studi Sarjana Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • Putu Kwintaryana Winaya Program Studi Sarjana Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • Ni Luh Putu Dian Librianti Taliarosa Program Studi Sarjana Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Simpang Jl. Raya Canggu– Jl. Kerobokan – Jl. Gunung Sanghyang  merupakan simpang bersinyal penghubung antara kecamatan Kuta Utara dengan Denpasar Barat.  Daerah ini memiliki laju pertumbuhan kendaraan yang terus meningkat, sehingga sering menyebabkan konflik terutama pada saat jam-jam sibuk (peak hour), sehingga kerap kali kemacetan dan antrian kendaraan pada setiap pendekat simpang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja simpang eksisting, menganalisis alternatif penanganan simpang yang paling optimal, dan menganalisis kinerja simpang pada tahun 2027. Data sinyal APILL, geometri simpang, volume lalu lintas dan tata guna lahan diperoleh dari survei dengan Traffic Counting. Analisis kinerja simpang didasarkan pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997. Hasil kinerja simpang eksisting diperoleh DS rata-rata 0,952 smp/jam-1,149 smp/jam, sedangkan tundaan rata-rata diperoleh 267,813 det/smp-453,452 det/smp. Alternatif penanganan simpang eksisting dengan alternatif yang paling baik digunakan, pelebaran geometrik simpang, pengaturan ulang sinyal APILL (re-setting), perubahan sirkulasi arus lalu lintas menghasilkan DS rata-rata 0,43 smp/jam-0,516 smp/jam, sedangkan tundaan rata-rata diperoleh 46,694 det/smp-49,492 det/smp . Prediksi kinerja simpang pada tahun 2027, dengan menerapkan alternatif pengaturan simpang yang sesuai, meningkatkan kinerja simpang lebih baik dengan nilai DS rata-rata 0,508 smp/jam-0,611 smp/jam, serta menghasilkan tundaan rata-rata sebesar 48,48 det/smp-53,027 det/smp.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kabupaten Situbondo. 33.
Badan Pusat Stistika Kabupaten badung, 2018. (n.d.). Kecamatan Kuta Utara Dalam Angka.
Constanti, N. (2018). Studi Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Jalan Ranu Grati–Jalan Danau Toba Kota Malang.
Departemen Pekerjaan Umum. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Bina Marga.
Hobbs, F.D, 1995, Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas, Penerbit Gadjah Mada University Press.
Khisty, C. Jotin dan B. Kent Lall. 2005. Dasar-Dasar Rekayasa Transportasi. Edisi Ketiga Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Menteri Perhubungan. 2006. Peraturan Menteri Perhubungan KM.14 tahun 2006. Jakarta.
Morlok, E. (1991). Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Jakarta: Erlangga.
Transportation Research Board. (1994). Highway Capacity Manual. In TRB National Research Council, Washington D.C.
Wardani, C. (2018). Evaluasi Kinerja Dan Tingkat Pelayanan Simpang Bersinyal ,Studi Kasus: Simpang Kediri Kabupaten Tabanan. 011(02), 75383.
Published
2024-09-06
How to Cite
ARIAWAN, I Made Agus et al. EVALUASI KINERJA SIMPANG BERSINYAL JL. RAYA CANGGU – JL. RAYA KEROBOKAN – JL.GUNUNG SANGHYANG. JURNAL SPEKTRAN, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 59-68, sep. 2024. ISSN 2809-7718. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jsn/article/view/115439>. Date accessed: 05 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/SPEKTRAN.2024.v12.i02.p01.
Section
Articles