EVALUASI DAMPAK KERUSAKAN JALAN DENGAN PENDEKATAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX PADA RUAS JALAN TGK BAKURMA – COT IRI KABUPATEN ACEH BESAR

  • Cut Nawalul Azka Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Aceh, Banda Aceh, Indonesia
  • Rifki Hidayat Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Aceh, Banda Aceh, Indonesia
  • Jurisman Amin Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Aceh, Banda Aceh, Indonesia
  • Mega Fitriani Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Aceh, Banda Aceh, Indonesia

Abstract

Pemeliharaan jalan merupakan aspek krusial dalam memastikan infrastruktur transportasi yang aman dan efisien. Ruas jalan Tgk Bakurma Desa Cot Iri, Kecamatan Krueng Barona Jaya, Kabupaten Aceh Besar sepanjang 3 km, menjadi fokus penelitian karena mengalami tantangan kerusakan yang perlu dievaluasi secara mendalam. Dengan menggunakan pendekatan metode Pavement Condition Index (PCI), penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak kerusakan jalan dengan menerapkan metode Pavement Condition Index. Evaluasi ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang komprehensif tentang kondisi jalan dan memberikan dasar untuk pemeliharaan yang lebih efektif. Metode penelitian melibatkan survei lapangan dengan menggunakan teknik pengamatan langsung untuk mengidentifikasi kerusakan jalan, serta menghitung PCI sebagai parameter evaluasi kondisi pavement. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik untuk mendapatkan gambaran yang akurat tentang tingkat kerusakan dan kondisi jalan. Hasil evaluasi menunjukkan adanya kerusakan signifikan pada ruas jalan yaitu Segmen 1 sebesar 73,3 m2 (17%), Segmen 2 sebesar 270 m2 (62%), dan Segmen 3 sebesar 93,14 m2 (21%), dengan nilai Corrected Deduct Value (CDV) rata-rata sebesar 83,34. Setelah didapatkan nilai CDV maka kemudian didapatkan nilai PCI sebesar 16,67 sehingga dikategorikan sebagai kondisi jalan buruk sesuai dengan kategori kondisi jalan buruk yang berada pada range 11–25. Faktor tertentu seperti beban lalu lintas dan kondisi cuaca telah berkontribusi pada penurunan kondisi pavement.  Berdasarkan hasil evaluasi, dapat disimpulkan bahwa ruas jalan tersebut memerlukan tindakan pemeliharaan yang mendesak. Pendekatan PCI dapat digunakan sebagai alat yang efektif untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi dampak kerusakan jalan. Kesimpulan ini memberikan dasar untuk perencanaan pemeliharaan yang lebih efisien dan berkelanjutan demi memastikan keberlanjutan infrastruktur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asnery, R., Lionardo, A., & Wulandari, N. (2022). Efektivitas Program Pemeliharaan Jalan Dan Jembatan Pada Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Dan Tata Ruang Provinsi Sumatera Selatan Dimasa Pandemi Covid-19. Tanah Pilih, 2(2), 100-115.
Asri, T. C. (2015). Analisa Kerusakan Jalan dengan Metode Pavement Condition Index (PCI), Peningkatan Struktur Jalan dengan Metode Analisa Komponen dan Rencana Anggaran Biaya (RAB) Ruas Jalan Tangen-Sragen, KM 3+ 000–5+ 500.
Azhari, R. D., Hermansyah, H., & Kurniati, E. (2020). Analisa Kerusakan Lapis Perkerasan Lentur Jalan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI). JUTEKS (Jurnal Teknik Sipil), 5(1), 38-46
Ingsih, I. S., Winaktu, G., Lukman, M., Anton, E. E., Saudi, A. I., Fahmi, R. H., & Ridwan, V. F. (2023). SISTEM TRANSPORTASI. Get Press Indonesia.
Mardika, R. A., Khamid, A., Diantoro, W., Apriliano, D. D., & Yunus, M. (2021). Evaluasi dan Kinerja Quick Response Maintenance Ruas Jalan Kebupaten Tegal Menggunakan Asphalt Cold Mix. Infratech Building Journal, 2(2), 80-88.
Nurhadi, I. (2019). Evaluasi perkerasan jalan, pemeliharaan dan peningkatan dengan metode analisa komponen beserta rencana anggaran biaya (RAB) ruas jalan Solo-Purwodadi, Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar sta 8+ 000-10+ 000.
Santosa, R., Sujatmiko, B., & Krisna, F. A. (2021). Analisis Kerusakan Jalan Menggunakan Metode PCI Dan Metode Bina Marga (Studi Kasus Jalan Ahmad Yani Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro). Ge-STRAM: Jurnal Perencanaan dan Rekayasa Sipil, 4(02), 104-111.
Sanggor, P. E., Waani, J. E., & Lalamentik, L. G. (2018). Studi Pengaruh Beban Gandar Dan Drainase Terhadap Indeks Kondisi Perkerasan Jalan Pada Ruas Jalan Manado-Amurang. TEKNO, 16(70).
Sutrisno, M., Lakawa, I., Haryono, H., & Syamsuddin, S. (2022). Study on the Impact of Climate Change on Damage to National Roads in the Lapuko–South Konawe District/Kendari City Boundary. Sultra Civil Engineering Journal, 3(2), 81-94.
Triyanto, T., Syaiful, S., & Rulhendri, R. (2019). Evaluasi Tingkat Kerusakan Jalan Pada Lapis Permukaan Ruas Jalan Tegar Beriman Kabupaten Bogor. ASTONJADRO, 8(2), 70-79.
Wibisono, R. E., & Ari, R. S. (2023). Identifikasi Kerusakan Perkerasan Lentur Ruas Jalan Kabuh Bts Kab. Lamongan Ploso Jombang Babat KM 35+ 680 35+ 800 Menggunakan Metode RM Sebagai Acuan Kerja Pemeliharaan Jalan. AGREGAT, 8(2), 938-947.
Wira, W. K. P. (2022). Analisis Kerusakan Jalan Perkerasan Lentur menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI). Jurnal Teknik, 16(1), 41-50.
Yamali, F. R., Handayani, E., & Sirait, E. E. (2020). Penilaian Kondisi Jalan dengan Metode PCI (Pavement Condition Index). Jurnal Talenta Sipil, 3(1), 47-50.
Published
2024-01-31
How to Cite
AZKA, Cut Nawalul et al. EVALUASI DAMPAK KERUSAKAN JALAN DENGAN PENDEKATAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX PADA RUAS JALAN TGK BAKURMA – COT IRI KABUPATEN ACEH BESAR. JURNAL SPEKTRAN, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 23-34, jan. 2024. ISSN 2809-7718. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jsn/article/view/111726>. Date accessed: 04 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/SPEKTRAN.2024.v12.i01.p04.
Section
Articles