PENYUSUNAN DATA BASE PEMELIHARAAN JALAN KABUPATEN DI KECAMATAN KERAMBITAN, KABUPATEN TABANAN BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG)

  • I Putu Wahyu Wijaksana Audia Merta Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Udayana, Denpasar, Bali, Indonesia
  • Putu Alit Suthanaya Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Udayana, Denpasar, Bali, Indonesia
  • Dewa Made Priyantha Wedagama Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Udayana, Denpasar, Bali, Indonesia

Abstract

Penilaian dari hasil survei kondisi kerusakan jalan dengan metode Surface Distress Index (SDI) dan terinvetarisasinya peta digital melalui Sistem Informasi Geografis (SIG) di Kabupaten Tabanan dilakukan pada seluruh ruas di Kecamatan Kerambitan. Obyek penelitian ini yaitu jalan kabupaten di Kabupaten Tabanan khususnya Kecamatan Kerambitan. Selain dekat dengan pusat Kota Tabanan, sebagian besar ruas jalan kabupaten di Kecamatan Kerambitan terhubung dengan Jalan Nasional Ruas Pesiapan – Simpang Antosari sehingga memiliki tingkat aktivitas dan konektivitas yang relatif tinggi. Selain itu, alasan memilih ruas tersebut karena memiliki kerusakan jalan yang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi jalan dan penanganannya, serta menginventarisasikan beragam kerusakan kondisi jalan dalam bentuk peta digital. Data primer dikumpulkan melalui survei kondisi kerusakan jalan melalui observasi di lapangan sedangkan data sekunder diperoleh dari Dinas PU Kabupaten Tabanan. Penelitian diawali dengan identifikasi jalan yang mengalami kerusakan, pengukuran, rekapitulasi dan analisis data, kemudian inventarisasi dalam bentuk peta digital berbasis GIS per stationing. Hasil survei dari penilaian kondisi ruas jalan di Kecamatan Kerambitan secara keseluruhan masih dalam kondisi baik, hanya ada 4 (empat) ruas dari 21 (dua puluh satu) ruas yang diteliti dalam kondisi rusak berat. Gambaran kondisi jalan dalam bentuk peta digital yang memuat foto kondisi per stationing berupa peta kondisi kerusakan jalan dapat dijadikan sebagai data base dan acuan dalam pemeliharaan jalan kabupaten di Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan. Penggunaan peta digital berbasis SIG ini dapat mempersiapkan sebuah sistem manajemen perencanaan pemeliharaan dan peningkatan infrastruktur jalan kabupaten secara lebih efisien dan efektif yang diharapkan dapat memudahkan dalam evaluasi dan dapat dimuktahirkan setiap tahun secara berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adelino, S. A. 2015. Pemetaan Pemeliharaan Jalan Lingkungan di Kota Surakarta Menggunakan Sistem Informasi Geografis, E-Jurnal Teknik Sipil, Halaman 17.
DPUPRPKP Kabupaten Tabanan. 2023. "Data Dasar Jalan Kabupaten Tabanan", Tabanan.
Pemerintah Kabupaten Tabanan. 2016. Keputusan Bupati Tabanan Nomor: 180/125/03/Hk&HAM tentang Status Ruas Jalan sebagai Jalan Kabupaten di Kabupaten Tabanan. Pemerintah Kabupaten Tabanan, Tabanan.
Pemerintah Republik Indonesia. 2006. Peraturan Pemerintah No. 34 Tahun 2006 Tentang Jalan, Jakarta.
Pemerintah Republik Indonesia. 2021. Peraturan Pemerintah Nomor 45 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Informasi Geospasial, Jakarta.
Pemerintah Republik Indonesia. 2022. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2022 tentang Perubahan Kedua Atas Undang - Undang Nomor 38 tahun 2004 Tentang Jalan, Jakarta.
Pemerintah Republik Indonesia. 2023. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2023 tentang Petunjuk Teknis DAK Fisik, Jakarta.
Prahasta, E. 2001. Konsep – Konsep Dasar Sistem Informasi Geografi, Informatika, Bandung.
Shahin, M. Y. 1994. Pavement Management for Airport, Roads, and Parking lots, Chapman& Hill, New York.
Yulianto. 2017. Sistem Manajemen Peningkatan Jalan Lingkungan Berbasis SIG (Sistem Informasi Geografis) di Kota Palangka Raya. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya.
Published
2023-08-29
How to Cite
MERTA, I Putu Wahyu Wijaksana Audia; SUTHANAYA, Putu Alit; WEDAGAMA, Dewa Made Priyantha. PENYUSUNAN DATA BASE PEMELIHARAAN JALAN KABUPATEN DI KECAMATAN KERAMBITAN, KABUPATEN TABANAN BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG). JURNAL SPEKTRAN, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 134-139, aug. 2023. ISSN 2809-7718. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jsn/article/view/101611>. Date accessed: 08 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/SPEKTRAN.2023.v11.i02.p06.
Section
Articles