KINERJA OPERASIONAL DAN KUALITAS PELAYANAN TEMAN BUS KORIDOR 2B GOR NGURAH RAI – BANDARA NGURAH RAI – PP

  • Putu Cinthya Pratiwi Kardita Udayana University
  • Ni Putu Dita Prastitaning Dewi Udayana University
  • Putu Kwintaryana Program Studi Teknik Sipil Universitas Udayana

Abstract

ABSTRAK


Teman Bus di Provinsi Bali disediakan oleh Kementerian Perhubungan untuk mengurangi kemacetan lalu lintas. Salah satu alasan yang mempengaruhi keputusan masyarakat untuk bertransportasi menggunakan angkutan umum atau tidak adalah persepsi masyarakat. Dalam penelitian dilakukan evaluasi kinerja dan analisis kualitas pelayanan berdasarkan persepsi masyarakat terhadap operasional Teman Bus Koridor 2B GOR Ngurah Rai – Bandara Ngurah Rai – PP. Evaluasi kinerja operasional menggunakan standar Departemen Perhubungan (2002). Pada penelitian ini menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA) untuk menganalisis kualitas layanan berdasarkan persepsi publik. Evaluasi kinerja angkutan menggunakan data sekunder dari PT. Satria Trans Jaya dan data primer merupakan hasil survei kuesioner berdasarkan persepsi publik. Hasil analisis kinerja operasional menunjukkan jarak perjalanan angkutan dan tingkat konsumsi bahan bakar memenuhi standar yaitu 266,4 km/hari dan 5 km/ltr. Hasil analisis kualitas pelayanan menunjukkan waktu tunggu, waktu perjalanan, dan kecepatan memenuhi standar. Waktu tunggu pada Halte GOR Ngurah Rai yaitu 4 menit, Halte Bandara Ngurah Rai yaitu 4,25 menit, dan pada Halte Central Parkir yaitu 5,75 menit. Waktu perjalanan sekitar 90 menit dan kecepatan mencapai 22,2 km/jam. Skala CSI menunjukkan indeks kepuasan pengguna jasa sebesar 80,45% yang memiliki arti bahwa kualitas pelayanan bus Baik (Good). Atribut pelayanan yang menempati prioritas utama menurut hasil IPA yaitu ketepatan informasi pada aplikasi Teman Bus. Atribut pelayanan prioritas rendah ditempati oleh lokasi Bus Stop mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi/umum.


Kata kunci: kinerja operasional, kualitas pelayanan, Teman Bus, koridor 2B.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Departemen Perhubungan RI. 2002. Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Penumpang Umum di Wilayah Perkotaan dalam Trayek Tetap dan Teratur. Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat, (SK.687/AJ.206/DRJD/2002), pp. 2–69.
Khumaedi, M. 2012. Reliabilitas Instrumen Penelitian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Unnes. 12(1), pp. 25–0.
Prakuso, A. B. 2013. Persepsi Masyarakat Terkait Dampak dari Kebijakan Parkir Terpusat di Titik Parkir Sisi Selatan Lapangan Atletik FIK.
PT Satria Trans Jaya. 2021. Data Penumpang Teman Bus Bulan Januari - Agustus 2021. Denpasar.
Putra, C. G. D. 2012. Analisis Kepuasan Pelanggan pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Kabupaten Jembrana.
Riduwan. 2020. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Ruta, K. S. 2014. Analisis Tingkat Pelayanan Stasiun Lempuyangan Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Dengan Integrasi Metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Model Kano. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Method) R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Supranto, J. 2012. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta.
Published
2023-04-26
How to Cite
KARDITA, Putu Cinthya Pratiwi; DEWI, Ni Putu Dita Prastitaning; KWINTARYANA, Putu. KINERJA OPERASIONAL DAN KUALITAS PELAYANAN TEMAN BUS KORIDOR 2B GOR NGURAH RAI – BANDARA NGURAH RAI – PP. JURNAL SPEKTRAN, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 83-92, apr. 2023. ISSN 2809-7718. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jsn/article/view/100133>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/SPEKTRAN.2023.v11.i01.p10.
Section
Articles