Pemindai QR CODE untuk barcode berkas perkara di pengadilan agama berbasis android

  • Putri Noviyanti Universitas Udayana
  • Agus Muliantara Universitas Udayana
  • Ida Ayu Gde Suwiprabayanti Putra Universitas Udayana

Abstract

Dengan berkembangnya teknologi smartphone saat ini, informasi yang dibutuhkan menjadi sangat mudah untuk mengakses suatu berkas perkara. Pengadilan Agama sebagai pengadilan tingkat pertama ialah pengadilan yang bertindak menerima, memeriksa, dan memutus setiap permohonan atau gugatan pada tahap paling awal dan paling bawah. Pengadilan Agama bertindak sebagai peradilan sehari hari menampung pada tahap awal dan memutus atau mengadili pada tahap awal segala perkara yang diajukan masyarakat mencari keadilan. Tidak boleh mengajukan suatu permohonan atau gugatan langsung ke Pengadilan Tinggi Agama. Semua jenis perkara terlebih dahulu mesti melalui Pengadilan Agama dalam kedudukan hierarki sebagai pengadilan tingkat pertama. Terhadap semua permohonan atau gugat perkara yang diajukan kepadanya dalam kedudukan sebagai instansi pengadilan tingkat pertama, harus menerima, memeriksa, dan memutusnya, dilarang menolak untuk menerima, memeriksa, dan memutus perkara yang diajukan kepada nya dengan dalih apapun. QR Code adalah salah satu cara untuk mendapatkan informasi yang lengkap. QR Code yaitu suatu jenis image dua dimensi yang menampilkan data berupa teks. Tujuan dari penelitian ini adalah mempermudah admin mengetahui informasi berkas perkara di pengadilan agama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode System Development Life Cycle (SDLC). Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi pemindai QR Code Berkas Perkara. Berdasarkan hasil pengujian sistem ini melaui black box, smartphone, dan responden dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini sudah sesuai dan penguji pada Smartphone disimpulkan bahwa aplikasi ini juga dapat berjalan denan baik.

Published
2022-11-25
How to Cite
NOVIYANTI, Putri; MULIANTARA, Agus; PUTRA, Ida Ayu Gde Suwiprabayanti. Pemindai QR CODE untuk barcode berkas perkara di pengadilan agama berbasis android. Jurnal Nasional Teknologi Informasi dan Aplikasinya (JNATIA), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 47-58, nov. 2022. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jnatia/article/view/92702>. Date accessed: 27 jan. 2023.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.