Aplikasi TSP Menggunakan Algoritma A star (Studi Kasus: Distributor Barang

  • Rasita Natasya Br Sitepu Mahasiswa
  • I Gusti Ngurah Anom Cahyadi Putra Universitas Udayana

Abstract

Distributor merupakan suatu kelompok usaha yang melakukan distribusi penyaluran produk ke suatu tempat ke tempat lain. Saluran distribusi sangat dipengaruhi faktor jalur pengiriman barang yang efisien sehingga bisa menghemat waktu dan biaya. Namun tidak jarang distributor mengalami kendala saat melakukan pengantaran barang, seperti waktu perjalanan yang terlalu lama dan bingung memilih tujuan mana yang terlebih dahulu dikunjungi. Salah satu penyebabnya karena luasnya wilayah yang harus ditempuh. Penyebab lainnya disebabkan karena banyaknya jalan raya terlebih lagi volume kendaraan yang banyak sering kali menyulitkan seseorang untuk mencari jalur terpendek ke tempat tujuan yang terdekat, baik dari segi jarak maupun waktu tempuh. Dari ranah bidang ilmu Informatika, penentuan rute distributor ini termasuk ke dalam permasalahan Travelling Salesman Problem. Permasalahan TSP dapat diselesaikan menggunakan beberapa algoritma, salah satunya adalah algoritma A Star. Algoritma A Star adalah salah satu algoritma pencarian graf dengan menggunakan fungsi jarak-plus-biaya untuk menentukan urutan titik yang akan dikunjungi. Dalam permasalahan ini yang harus dipecahkan adalah bagaimana cara agar bisa mengunjungi tempat yang dituju dengan jarak, waktu dan biaya yang minimum. Pada penelitian ini menggunakan data primer berupa 17 titik toko yang sudah ditentukan di wilayah kota Denpasar berupa lokasi sebagai vertex dan jarak antar toko.

Published
2022-11-25
How to Cite
BR SITEPU, Rasita Natasya; CAHYADI PUTRA, I Gusti Ngurah Anom. Aplikasi TSP Menggunakan Algoritma A star (Studi Kasus: Distributor Barang. Jurnal Nasional Teknologi Informasi dan Aplikasinya (JNATIA), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 431-440, nov. 2022. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jnatia/article/view/92697>. Date accessed: 26 jan. 2023.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.