Implementasi Logika Fuzzy Tsukamoto Pada Sistem Penentuan Suhu AC Dalam Suatu Ruangan

  • Fransiska Christina Sio Da Silva Universitas Udayana
  • Agus Muliantara Universitas Udayana

Abstract

Pada dasarnya setiap manusia mengeluarkan kalori bukan hanya diluar ruangan saja dan melakukan aktivitas yang berat tetapi di dalam ruangan ber-AC pun manusia pasti akan mengeluarkan kalori, oleh karena itu pemakaian AC dalam suatu ruangan sangat dibutuhkan agar ruangan terasa lebih nyaman untuk beraktivitas, semakin banyak jumlah orang dalam suatu ruangan, besarnya ruangan tersebut, seberapa besar suhu diluar ruangan sangat berpengaruh terhadap suhu AC yang digunakan sehingga sangat penting dalam menjaga suhu ruangan tersebut agar tidak terlalu dingin maupun terlalu panas. Dengan menggunakan logika fuzzy tsukamoto dapat ditentukan suhu optimal yang dapat digunakan untuk mengatur suhu AC dalam suatu ruangan tertutup berdasarkan jumlah orang, besarnya ruangan dan besarnya suhu di luar ruangan. Sehingga suhu dalam suatu ruangan yang optimal dapat memberikan pengaruh yang positif bagi kesehatan tubuh manusia.

Published
2022-11-25
How to Cite
DA SILVA, Fransiska Christina Sio; MULIANTARA, Agus. Implementasi Logika Fuzzy Tsukamoto Pada Sistem Penentuan Suhu AC Dalam Suatu Ruangan. Jurnal Nasional Teknologi Informasi dan Aplikasinya (JNATIA), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 31-38, nov. 2022. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jnatia/article/view/92686>. Date accessed: 27 jan. 2023.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.