Case Based Reasoning (CBR) Mendiagnosa Kerusakan Motor Matic Menggunakan Metode Forward Chaining

  • Fahmi Ahmad Arum Pratama Universitas Udayana
  • Ida Bagus Gede Dwidasmara Universitas Udayana

Abstract

Tingginya jumlah pengguna sepeda motor matic di Indonesia, sehingga tidak semua pengguna sepeda motor matic memiliki kemampuan untuk melakukan perbaikan kerusakan sepeda motornya. Sehingga pengguna lebih cenderung mempercayakan masalahnya kepada mekanik bengkel dengan jam kerja yang terbatas. Dalam perawatan sepeda motor matic, bisa dilakukan sendiri, dan tanpa harus datang ke bengkel dengan membawa kendaraan. Kurangnya menentukan kerusakan motor, solusi yang ada di internet kurang meyakinkan. CBR telah menjadi teknik yang terbukti untuk sistem berbasis pengetahuan di banyak domain. Memiliki arti menggunakan pengalaman sebelumnya dalam kasus serupa untuk memahami dan memecahkan masalah baru. CBR dapat mengumpulkan kasus-kasus sebelumnya yang mirip dengan masalah baru dan mencoba untuk memodifikasi solusi agar sesuai dengan kasus baru. Maka diimplementasikannya sistem pakar ini yang bertujuan untuk memudahkan pengguna sepeda motor matic saat mengalami kerusakan dengan hanya mencantumkan gejala-gejala yang dialami pengguna, sehingga sistem akan membantu mencarikan solusi terbaik atas kerusakan yang dialami pengguna sepeda motor matic menggunakan forward chaining dimana setiap kondisi sistem akan mencari aturan dalam basis pengetahuan yang sesuai dengan kondisi if.

References

[1] Mulyana, S. Model Evaluasi Pengukuran Kesamaan pada Penalaran Berbasis Kasus (Studi Kasus : Penentuan Jurusan di SMU. 2015.
[2] Triawan, M. PENERAPAN METODE FORWARD CHAINING DALAM SISTEM PAKAR DIAGNOSA KOMPUTER. 2018.
[3] Wati, D.K. & Kuswinardi, W. SISTEM PAKAR DIAGNOSA KERUSAKAN SEPEDA MOTOR MATIC INJEKSI MENGGUNAKAN METODE DEMPSTER SHAFER. 2019.
[4] Syahfrizal, D. P., Setyaningrum, A. H., dan Hulliyah, K. PENGGUNAAAN METODE FORWARD CHAINING PADA APLIKASI DETEKSI PENDINGIN REAKTOR SERBA GUNA/PRSG-BATAN. 2015.
[5] Samuel, R., Natan, R., Fitria, dan Syahfiqoh, U. PENERAPAN COSINE SIMILARITY DAN K-NEAREST NEIGHBOR (K-NN) PADA KLASIFIKASI DAN PENCARIAN BUKU. 2018.
Published
2022-11-25
How to Cite
PRATAMA, Fahmi Ahmad Arum; DWIDASMARA, Ida Bagus Gede. Case Based Reasoning (CBR) Mendiagnosa Kerusakan Motor Matic Menggunakan Metode Forward Chaining. Jurnal Nasional Teknologi Informasi dan Aplikasinya (JNATIA), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 601-612, nov. 2022. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jnatia/article/view/92573>. Date accessed: 26 jan. 2023.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.