Perancangan Alat Pemberian Pakan Ikan Otomatis Pada Aquarium Berbasis Mikrokontroller AT89S52

  • I Gusti Ngurah Bagus Agung Brian Wijaya Universitas Udayana
  • Ida Ayu Gde Suwiprabayanti Putra universitas udayana

Abstract

Faktor yang penting dalam pemelihara ikan pada aquarium adalah ketepatan waktu dalam pemberian makan ikan. Kebanyakan dari mereka yang mempunyai hobi memelihara ikan khawatir pemberian makan yang harus dilakukan tiap hari. Berdasarkan hal tersebut pada proyek akhir ini dirancang dan dibuat alat pemberian pakan ikan otomatis berbasis mikrokontroler AT89S52. Maka dirancanglah alat yang mempermudah memberi makan ikan yaitu secara otomatis sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Adapun komponen pendukung penjadwalan pakan ikan diantaranya pembuatan rangkaian minimum sistem AT89S52 sebagai otak dari alat ini yang nantinya akan diisikan program dengan menggunakan bahasa assembler, RTC (Real Time Clock) sebagai pengatur waktu, motor DC untuk memutar pembuka katup valve tempat pakan ikan. 


Keywords: Pakan, Ikan, Microcontroller AT89S52

Published
2023-08-01
How to Cite
WIJAYA, I Gusti Ngurah Bagus Agung Brian; PUTRA, Ida Ayu Gde Suwiprabayanti. Perancangan Alat Pemberian Pakan Ikan Otomatis Pada Aquarium Berbasis Mikrokontroller AT89S52. Jurnal Nasional Teknologi Informasi dan Aplikasnya, [S.l.], v. 1, n. 4, p. 1149-1154, aug. 2023. ISSN 3032-1948. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jnatia/article/view/102696>. Date accessed: 13 may 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.