Rancang Bangun Sistem Monitoring Asap Berbahaya dan Pengunaan Hepa Filter Guna Efisiensi Daya Terhadap Sistem Pembuangan

  • Kevin Moses Waleleng Universitas Udayana
  • I Putu Gede Hendra Saputra Universitas Udayana

Abstract

Jaringan Sensor Nirkabel adalah merupakan perpaduan antara Sistem Monitoring, Pengontrolan dan Penerimaan sebuah Data. Jaringan sensor nirkabel digunakan dalam berbagai bidang, Monitoring aktifitas lingkungan, Monitoring rumah, Monitoring pertanian dan banyak hal-hal lain-lainnya. Dalam hal monitoring sebuah lingkungan kadar kondisi yang memungkinkan menimbulkan hal berbahaya ada seperti bentuk asap, api dan gas beracun. Oleh karena hal demikian sistem pendeteksi dini sangat diperlukan, pada sistem tersebut dapat dipadukan agar mampu memberikan sinyal notifikasi dini lalu dapat mengambil langkah preventif demi mengantisipasinya hal-hal yang berpotensi mengakibatkan resiko atau kejadian fatal. Pada rancang bangun ini, perangkat yang digunakan akan berupa modul mikrokontroler Arduino uno, Sensor MQ-2, LED, buzzer, kipas, HEPA Filter dan relay. Untuk metode yang digunakan dilakukan dengan metode penelitian eksperimental yang dapat menguji secara benar hipotesis yang menyangkut hubungan kasual melalui pola tahapan design science research method (DSRM). Lalu untuk pengujian dilakukan dengan menempatkan sistem terhadap lingkungan yang telah ditetapkan dan selanjutnya proses pengambilan data yang dilakukan secara berkala terhadap kondisi-kondisi tertentu.


Keywords: Jaringan Sensor Nirkabel, Asap, Aduino Uno, DSRM

Published
2024-02-01
How to Cite
WALELENG, Kevin Moses; SAPUTRA, I Putu Gede Hendra. Rancang Bangun Sistem Monitoring Asap Berbahaya dan Pengunaan Hepa Filter Guna Efisiensi Daya Terhadap Sistem Pembuangan. Jurnal Nasional Teknologi Informasi dan Aplikasnya, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 339-344, feb. 2024. ISSN 3032-1948. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jnatia/article/view/102441>. Date accessed: 01 may 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.