Measure Comparison Distance on K-Means Clustering For Grouping Music on Mood

  • Anak Agung Sagung Prami Apsari Kumala Universitas Udayana
  • Luh Arida Ayu Rahning Putri Universitas Udayana

Abstract

Dalam bidang information retrieval , MIR (Music Informatiion Retrieval)merupakan bagian bidang keilmuan yang berhubungan dengan pencarian informasi dalam media berupa musik dengan penerapan algoritma data mining untuk penglompokan /clustering data music.


 


Penelitian ini diawali dengan tahap pra-pengolahan data yaitu mendapatkan nilai fitur pada music dengan feature extraction. Tahapan feature extraction terdiri dari tiga proses, yaitu pengambilan sampel lagu (bagian refrain), penrapan fast fourier transform, dan penerapan spectral feature yang menjaadi atribut dasar untuk dilakukannya pengelompokkan music terhadap suasana hati.


 


Proses clustering/pengelompokkan K-Means ini menggunakan 200 file musik ke dalam 4 jenis suasana hati model Thayer. Dalam proses pengelompokkan ini dilakukan perhitungan jarak swtiap cluster mengunakan distance measure yang terdiri dari euclidiean distance, city block distance, dan cosine distance. Selanjutnya dihitung nilai silhouette coefficient pada K-Means yang menunjukkan seberapa baik dan optimal suatu objek ditempatkan dalam suatu cluster. Akhirnya  dari ketiga nilai distance measure Ini diperoleh nilai silhouette coefficient tertinggi yaitu 0,64018 dengan waktu pemrosesan tercepat yaitu 0,0789935 pada Euclidean distance

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-04-01
How to Cite
KUMALA, Anak Agung Sagung Prami Apsari; RAHNING PUTRI, Luh Arida Ayu. Measure Comparison Distance on K-Means Clustering For Grouping Music on Mood. JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana), [S.l.], v. 11, n. 4, p. 663-674, apr. 2023. ISSN 2654-5101. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jlk/article/view/92593>. Date accessed: 11 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JLK.2023.v11.i04.p03.