Sistem Pencarian Produk Skincare Berbasis Ontologi
Abstract
Perawatan kulit (skincare) adalah prosedur merawat kulit yang dilakukan dengan menggunakan produk kecantikan serta disesuaikan dengan jenis kulit wajah masing-masing individu. Solusi untuk membantu calon pembeli skincare dalam memilih produk skincare yang sesuai dengan masalah kulitnya adalah dengan membuat sebuah sistem pencarian produk skincare yang memiliki knowledge base. Salah satu pendekatan yang dapat dilakukan adalah dengan pendekatan ontologi dan diwujudkan dalam bentuk web semantik. Pembangunan ontologi produk skincare dibangun dengan metode Methontologi, dan dihasilkan model ontologi yang terbentuk dari 7 class utama, 12 object properties, dan 88 instances. Sedangkan, pembangunan sistem berbasis web dilakukan dengan mengimplementasikan metode Prototyping dan sistem yang dibangun memiliki 2 buah fitur, yaitu fitur pencarian (searching) dan fitur penjelajahan (browsing). Evaluasi sistem menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) yang terdiri dua faktor yaitu persepsi kemudahan dan persepsi kegunaan. Pada evaluasi kemudahan dan evaluasi kegunaan sistem diperoleh nilai rerata sebesar 6.44 untuk kedua evaluasi, nilai tersebut menunjukkan persepsi “Setuju” dari peserta pengujian. Hasil tersebut menunjukkan bahwa rata-rata peserta pengujian setuju bahwa sistem pencarian produk skincare yang dibangun adalah sistem yang berguna dan mudah untuk digunakan.