Pengaplikasian Augmented Reality Dalam Pengenalan Pura di Denpasar

  • Ida Bagus Mahendra Universitas Udayana
  • Agus Muliantara
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/JLK.2021.v09.i03.p01

Abstrak

Seiring perkembangan zaman, keadaan merubah pola pikir masyarakat hindu khususnya di Bali dalam menjalankan ibadahnya. Masyarakat tidak lagi datang ke pura hanya untuk menghaturkan persembahyangan lalu pulang. Karena pengaruh arus zaman yang cepat menggerus eksistensi sejarah, banyak yang tertarik untuk mengetahui informasi mengenai pura yang didatanginya. Namun informasi ini tidak terdapat begitu saja pada suatu pura. Informasi yang spesifik umumnya tersimpan di literatur dan sebagian diketahui oleh pihak-pihak pengurus pura sehingga masyarakat harus mencarinya untuk tahu. Karena kurangnya referensi dan keterbatasan waktu, tak jarang masyarakat mengurungkan niatnya tersebut. Dengan menggunakan teknologi augmented reality (AR) masalah ini dapat diatasi. Teknologi AR mampu memproyeksikan objek virtual seolah-olah terlihat nyata pada pandangan mata manusia. Dalam hal ini, AR digunakan untuk menampilkan model pura serta informasi dengan ilustrasi interaktif sehingga mampu membantu masyarakat dalam mengenali pura tersebut. Pengguna hanya perlu menginstall aplikasi pada perangkat smartphone mereka dan menscan QR code yang disediakan, lalu objek pura dan informasi dapat langsung ditampilkan. Aplikasi ini menerapkan AR marker based multi-target sehingga setiap informasi pura di simpan dan dijalankan pada marker yang berbeda-beda. Berdasarkan testing menggunakan metode blackbox, didapatkan hasil bahwa fungsional aplikasi dapat berjalan dengan lancar di beberapa perangkat berbeda baik dari segi resolusi, kecepatan memori maupun prosesornya.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2021-02-18
##submission.howToCite##
MAHENDRA, Ida Bagus; MULIANTARA, Agus. Pengaplikasian Augmented Reality Dalam Pengenalan Pura di Denpasar. JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana), [S.l.], v. 9, n. 3, p. 315-324, feb. 2021. ISSN 2654-5101. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jlk/article/view/64457>. Tanggal Akses: 17 may 2024 doi: https://doi.org/10.24843/JLK.2021.v09.i03.p01.

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

<< < 1 2 3 4 > >>