Game Edukasi Pengenalan Huruf Latin Menggunakan Template Matching Untuk Anak Usia Dini

  • Made Harry Dananjaya Adiartika Universitas Udayana
  • I Gede Arta Wibawa
  • I Gusti Ngurah Anom Cahyadi Putra

Abstract

Masa Kanak – kanak merupakan masa yang penting bagi perkembagnan bagi seorang anak dimana pada masa tersebut anak – anak berada dalam fase dimana kemampuan motoric, sensorik maupun kognitif anak sedang mengalami perkembangan, tentunya ketiga kemampuan tersebut berkembang secara alami sejalan dengan usia anak, ketiga kemampuan tersebut juga dapat dikembangkan lebih lanjut lewat berbagai aktifitas baik fisik maupun mental, salah satu contoh aktifitas tersebut adalah menulis, menulis sendiri merupakan salah satu bentuk dari kemampuan kognitif yang penting dimiliki oleh seorang anak karena aktifitas menulis mendukung integrasi bahasa dan keterampilan literasi yang muncul meletakan dasar bagi keterampilan membaca anak, terdapat berbagai metode atau cara yang biasanya digunakan untuk mengajarkan anak untuk menulis, salah satu metode yang sering digunakan saat ini adalah belajar menulis sambil bermain, penelitian ini memanfaatkan metode tersebut untuk mengembangkan sebuah media interaktif yang dapat digunakan untuk belajar menulis serta mengenalkan karakter huruf alfabet (A-Z), (a-z) dan angka (0-9) kepada anak yang dibuat dalam bentuk sebuah game edukasi, game edukasi ini menggunakan metode Template Matching untuk menilai hasil tulisan tangan anak dengan mencari tingkat kemiripan atau kecocokan tulisan anak tersebut dengan template karakter yang disediakan.


Berdasarkan penelitian yang dilakukan, pengenalan karakter dengan metode Template Matching dinyatakan berhasil dalam mengenali hasil tulisan karakter anak, dimana didapatkan akurasi dari pengenalan karakter menggunakan metode Template Matching terhadap hasil tulisan karakter huruf alfabet (A-Z),(a-z) dan angka (0-9) yang didapatkan, menghasilkan akurasi pengenalan karakter untuk karakter huruf alfabet (A-Z) sebesar 88%, karakter huruf alfabet (a-z) sebesar 86%, dan karakter angka (0-9) sebesar 87%

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-11-24
How to Cite
ADIARTIKA, Made Harry Dananjaya; WIBAWA, I Gede Arta; PUTRA, I Gusti Ngurah Anom Cahyadi. Game Edukasi Pengenalan Huruf Latin Menggunakan Template Matching Untuk Anak Usia Dini. JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana), [S.l.], v. 9, n. 1, p. 115-126, nov. 2020. ISSN 2654-5101. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jlk/article/view/61452>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JLK.2020.v09.i01.p12.

Most read articles by the same author(s)