A Klasifikasi Citra Rontgen Gigi Berdasarkan Analisis Tekstur Untuk Diagnosis Karies Gigi Manusia Menggunakan Metode SVM

  • Devin Reness Noak Universitas Udayana

Abstract

Gigi adalah suatu struktur berklasifikasi yang keras dan terdapat pada rahang manusia, memiliki struktur bervariasi dan keras yang jika tidak dirawat akan menimbulkan kerusakan yang dikenal dengan karies. Karies merupakan masalah gigi yang sering ditemui di Indonesia dan perlu penanganan dokter gigi dan rontgen untuk menegakan diagnosis yang tepat, namun beberapa dokter gigi kesulitan untuk meneliti hasil rontgen. Sekitar 53.3% dari 15 dokter gigi kesusahan untuk bisa mendiagnosis karies gigi dari hasil rontgen. Dari permasalahan tersebut penulis menggunakan metode SVM (Support Vector Machine) untuk membantu kerja dokter gigi mengidentifikasi gigi yang terdapat karies. Tahap klasifikasi yaitu pengumpulan data, preprocessing, ekstraksi fitur, klasifikasi dengan SVM. Hasil dari proses pengujian SVM adalah prediksi kelas dari citra inputan yang berupa rontgen. Dari hasil yang didapatkan secara keseluruhan dari pengujian akurasi program pada kasus klasifikasi citra rontgen gigi didapatkan adalah 82.00% dan dikategorikan “baik”.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-11-24
How to Cite
NOAK, Devin Reness. A Klasifikasi Citra Rontgen Gigi Berdasarkan Analisis Tekstur Untuk Diagnosis Karies Gigi Manusia Menggunakan Metode SVM. JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana), [S.l.], v. 9, n. 1, p. 141-150, nov. 2020. ISSN 2654-5101. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jlk/article/view/61438>. Date accessed: 20 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JLK.2020.v09.i01.p14.