Pengembangan Pemodelan Ontologi Semantik dalam Representasi Pengetahuan Instrumen Gamelan Bali

  • Made Wardana Computer Science Udayana University
  • Cokorda Rai Adi Pramartha Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/JLK.2019.v08.i02.p06

Abstrak

Indonesia memiliki banyak jenis warisan budaya dan seni, yang salah satunya adalah gamelan Bali. Pengetahuan tentang gamelan Bali masih cenderung kurang terkumpul secara eksplisit. Ini menghasilkan pengetahuan warisan budaya, khususnya gamelan Bali yang menantang untuk dipelajari oleh generasi muda dan masa depan Bali. Oleh karena itu, pengetahuan tentang informasi gamelan Bali harus didokumentasikan dengan baik, terutama dalam bentuk digital. Dalam penelitian ini, kami mengembangkan ontologi untuk warisan budaya Bali, khususnya gamelan Bali. Ontologi ini dapat digunakan untuk menangkap, mendokumentasikan, dan merepresentasikan pengetahuan yang melingkupiĀ domain gamelan Bali. Konstruksi model ontologi dilakukan dengan menggunakan metodologi Methontologi. Ontologi gamelan memiliki 112 kelas, 31 properti tipe data, 53 properti objek, dan 289 instance. Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengevaluasi dan meningkatkan kualitas ontologi, dan ditindaklanjuti dengan penerapannya ke dalam aplikasi berbasis web semantik.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2020-01-08
##submission.howToCite##
WARDANA, Made; PRAMARTHA, Cokorda Rai Adi. Pengembangan Pemodelan Ontologi Semantik dalam Representasi Pengetahuan Instrumen Gamelan Bali. JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana), [S.l.], v. 8, n. 2, p. 145-152, jan. 2020. ISSN 2654-5101. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jlk/article/view/51867>. Tanggal Akses: 14 oct. 2025 doi: https://doi.org/10.24843/JLK.2019.v08.i02.p06.