PERANCANGAN SISTEM SIMULASI ANTRIAN KENDARAAN BERMOTOR PADA STASIUN PENGISIAN BAHAN-BAKAR UMUM (SPBU) MENGGUNAKAN METODE DISTRIBUSI EKSPONENSIAL STUDI KASUS : SPBU SUNSET ROAD

  • Gustri Vero Wahyudi
  • Sahmanbanta Sinulingga
  • Fachrosi Firdaus

Abstract

Peningkatan jumlah kendaraan bermotor (roda empat keatas) yang signifikan membuatpihak SPBU harus bisa meningkatkan pelayanan terhadap customer, sehingga antrian panjangtidak terjadi disaat customer melakukan transaksi pembelian bahan bakar, akan tetapi efisiensidari segala aspek baik itu dari segi pompa (server), maupun operator tetap dijaga.Metode yang digunakan untuk menghitung waktu antar kedatangan dan waktu pelayanansetiap pelanggan atau pembeli yang dilayani oleh operator pada tiap pompa (server) adalahDistribusi Eksponensial karena distribusi ini lebih mendekati pendekatan yang lebih konstandaripada distribusi normal.Berdasarkan sistem simulasi yang dibangun diperoleh hasil bahwa dengan adanya 3pompa (server) pada SPBU Sunset Road peluang terjadinya antrian panjang bisa diminimalkan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2012-11-01
How to Cite
VERO WAHYUDI, Gustri; SINULINGGA, Sahmanbanta; FIRDAUS, Fachrosi. PERANCANGAN SISTEM SIMULASI ANTRIAN KENDARAAN BERMOTOR PADA STASIUN PENGISIAN BAHAN-BAKAR UMUM (SPBU) MENGGUNAKAN METODE DISTRIBUSI EKSPONENSIAL STUDI KASUS : SPBU SUNSET ROAD. JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana), [S.l.], p. 104-113, nov. 2012. ISSN 2654-5101. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jlk/article/view/4908>. Date accessed: 03 may 2024.
Section
Articles

Keywords

Simulasi antrian; distribusi eksponensial