Implementasi Dan Konfigurasi Hotspot Rumah Sakit Mata Ramata

  • Ketut Yogi Prasetya Universitas Udayana

Abstract

Router Mikrotik memiliki banyak fitur, salah satu fitur yang cukup populer dan banyak digunakan adalah Hotspot. Kita sering menemukan sinyal internet wifi yang di password. Jadi jika ingin mengakses wifi tersebut harus tahu password-nya terlebih dahulu. Namun berbeda dengan Hotspot, kebanyakan wifi hotspot tidak di password dan semua user bisa connect dan akan diarahkan ke halaman login di Web Browser. Tiap user bisa login dengan username dan password yang berbeda-beda. Metode semacam inilah yang sering kita temukan di Kampus, wifi Cafe, Sekolah, Kantor, maupun area publik lainnya.


Sebenarnya hotspot tidak hanya bisa diaplikasikan untuk jaringan wireless saja, namun juga bisa untuk jaringan kabel. Kelebihan Hotspot adalah kita dapat mengkonfigurasi jaringan yang hanya bisa digunakan dengan username dan password tertentu. Kita juga dapat melakukan manajemen terhadap user-user tersebut. Misalnya, mengatur durasi total penggunaan hotspot per user, membatasi berapa besar data yang dapat di download tiap user, mengatur konten apa saja yang boleh diakses user, dan sebagainya.


Rumah Sakit Mata Ramata merupakan sebuah rumah sakit yang sedang di bangun yang terletak di Denpasar dan bekerja sama PT. Djingga Media Teknokreatif untuk pemasangan jaringannya. Rumah Sakit Mata Ramata merupakan instansi yang menggunakan hotspot dikantornya agar setiap device bisa saling terhubung ke internet

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-15
How to Cite
PRASETYA, Ketut Yogi. Implementasi Dan Konfigurasi Hotspot Rumah Sakit Mata Ramata. JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana), [S.l.], v. 7, n. 4, p. 280-290, june 2019. ISSN 2654-5101. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jlk/article/view/45010>. Date accessed: 03 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JLK.2019.v07.i04.p09.