PENGEMBANGAN APLIKASI BACK END SISTEM LAPORAN KERUSAKAN INTERN PDAM KOTA DENPASAR

  • I Gede Suhanggara Dika Universitas Udayana

Abstract

PDAM Kota Denpasar merupakan Badan Usaha milik Pemerintah, yang memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat akan air minum yang sehat. Sistem yang tersedia di PDAM Kota Denpasar kebanyakan masih dilakukan secara manual, hanya pembayaran saja yang sudah dilakukan melalui online. Berdasarkan alasan ini penulis melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) periode XV tahun 2018 di PDAM Kota Denpasar karena instansi ini lebih memerlukan sesuatu agar bisa mengikuti perkembangan yang serba online dan maju ini.


Dari programmer PDAM dan pembimbing lapangan menyarankan penulis untuk membuat suatu aplikasi atau website sistem laporan kerusakan intern, Karena pada bagian PDE masih sering menanggapi keluhan secara manualĀ  dan juga agar pegawai bidang lainnya yang mengalami kerusakan tidak perlu datang ke bidang PDE untuk menyampaikan keluhannya, jadi diperlukan suatu aplikasi/website. Berdasarkan alasan ini penulis memutuskan untuk membuat aplikasi Sistem laporan kerusakan intern. Fokus dari penulis pada kali ini adalah pada bagian Back end sistem laporan kerusakan intern. Berdasarkan observasi penulis di PDAM Kota Denpasar, terdapat tiga macam keluhan, yang selanjutnya dikategorikan penulis yaitu Software, Hardware, dan Jaringan. Nantinya pegawai bidang lain bisa menentukan kategori/tipe dan menulis rincian keluhan.


Kata Kunci: Laporan Kerusakan, Website, Infomasi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-11-14
How to Cite
DIKA, I Gede Suhanggara. PENGEMBANGAN APLIKASI BACK END SISTEM LAPORAN KERUSAKAN INTERN PDAM KOTA DENPASAR. JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana), [S.l.], v. 7, n. 2, p. 1-7, nov. 2018. ISSN 2654-5101. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jlk/article/view/44999>. Date accessed: 29 apr. 2024.