ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI SURVEI IDUSTRI BESAR DAN SEDANG (IBS) BULANAN BADAN PUSAT STATISTIK (BPS) PROVINSI BALI

  • Aditya Riady Dewantara Udayana University

Abstract

Badan Pusat Statistik (BPS) adalah Lembaga Pemerintah Non kementerian yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden. BPS dalam melaksanakan tugasnya yaitu menyediakan data telah menggunakan teknologi komputer dan berbagai sistem untuk memudahkan proses pengolahan data. Sistem yang diterapkan di BPS selalu disesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi dan juga mengacu kepada kebutuhan. Dalam melaksanakan tugasnya, pengolahan Data yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik Provinsi Bali masih belum efisien karena data hasil survei masih dicatat dan diperiksa secara manual lalu kemudian dilakukan entri data ke dalam database. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dibuatlah Analisis dan Perancangan sistem survei rutin yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistk yaitu Survei Industri Besar dan Sedang (IBS) Bulanan. Sistem ini dapat mencatat dan mengolah data jenis barang yang dihasilkan oleh perusahaan manufaktur pada bulan tertentu secara langsung sehingga proses pengolahan data menjadi lebih efisien. Metode pengujian yang akan dilakukan adalah dengan menggunakan metode pengujian Blackbox.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-11-14
How to Cite
DEWANTARA, Aditya Riady. ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI SURVEI IDUSTRI BESAR DAN SEDANG (IBS) BULANAN BADAN PUSAT STATISTIK (BPS) PROVINSI BALI. JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana), [S.l.], v. 7, n. 2, p. 94-106, nov. 2018. ISSN 2654-5101. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jlk/article/view/44989>. Date accessed: 29 apr. 2024.