Pengembangan Back End Aplikasi Keluhan Pelanggan PDAM Tirta Amertha Jati Kabupaten Jembrana

  • made nanda dwipayana universitas udayana
  • I Komang Ari Mogi

Abstract

PDAM Tirta Amertha Jati atau PDAM Jembrana merupakan Badan Usaha milik Pemerintah Kabupaten Jembrana, yang memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok masyarakat akan air. Sistem yang tersedia di PDAM Jembrana sudah berupa manual dan juga online, namun yang menggunakan sistem online baru pada bagian pembayarannya saja. Ada beberapa keluhan yang masih di tangani dengan sistem manualĀ  sehingga agak susah untuk menangani keluhan yang di keluhkan oleh pelanggan. Dengan permasalahan ini penulis membangun sebuah website dengan menggunakan metode Extreme Programming(XP) yang terfokus pada bagian back end pada website keluhan yang nantinya diharapkan bisa membantu pada bagian keluhan pelanggan, lalu di akhir tahapan website akan di uji dengan black box untuk mengetahui kelayakannya.


Kata Kunci : Back End, Extreme Programming (XP), Black Box

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-20
How to Cite
DWIPAYANA, made nanda; ARI MOGI, I Komang. Pengembangan Back End Aplikasi Keluhan Pelanggan PDAM Tirta Amertha Jati Kabupaten Jembrana. JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana), [S.l.], v. 7, n. 4, p. 231-238, may 2019. ISSN 2654-5101. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jlk/article/view/44987>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JLK.2019.v07.i04.p03.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>