IMPLEMENTASI MIKROTIK AUTOMATED BILLING DENGAN SMTP (SIMPLE MAIL TRANSFER PROTOCOL) DI PT.RABIK BANGUN PERTIWI BLUELINE BROADBAND INTERNET

  • Firmansyah - Jurusan Ilmu Komputer, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam,Universitas Udayana

Abstract

Perkembangan teknologi di dunia internet sudah semakin berkembang. Internet bukan hanya menjadi kebutuhan bagi orang-orang tertentu namun sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat luas. Jaringan internet memerlukan sebuah router, yaitu alat yang berfungsi sebagai pengatur jalur lalu-lintas data. Mikrotik adalah salah satu vendor baik hardware dan software yang menyediakan fasilitas untuk membuat router. Salah satu software-nya adalah Mikrotik Router OS, ini adalah operating sistem yang khusus digunakan untuk membuat sebuah router dengan cara menginstallnya ke komputer. Dalam penelitian ini akan diimplementasikan salah satu fitur yang ditawarkan oleh mikrotik kepada ISP (Internet Service Provider) adalah Mikrotik Automated Billing, dimana sistem billiing ini dapat mengirimkan tagihan ke client melalui email pada akhir bulan pemakaian, sehingga client dapat mengetahui tagihan yang akan di bayar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2012-08-13
How to Cite
-, Firmansyah. IMPLEMENTASI MIKROTIK AUTOMATED BILLING DENGAN SMTP (SIMPLE MAIL TRANSFER PROTOCOL) DI PT.RABIK BANGUN PERTIWI BLUELINE BROADBAND INTERNET. JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana), [S.l.], p. 1-10, aug. 2012. ISSN 2654-5101. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jlk/article/view/2594>. Date accessed: 27 sep. 2024.
Section
Articles

Keywords

Internet, Mikrotik Router OS, Mikrotik Automated Billing