Popularitas Kursus Online: Analisis Mendalam dengan K-Means di Platform Udemy

  • Rahmat Hidayat Manajemen Informatika, Universitas Riau
  • Ibnu Daqiqil Id Program Studi Sistem Informasi, Universitas Riau
  • Rahmah Muthmainah Program Studi Sistem Informasi, Universitas Riau
  • Muhammad Alfhat Ramadhan Program Studi Sistem Informasi, Universitas Riau
  • Icha Dwi Yanti Program Studi Sistem Informasi, Universitas Riau
  • Kornelius Jonathan Manik Program Studi Sistem Informasi, Universitas Riau
  • Rendi Wahyudi Program Studi Sistem Informasi, Universitas Riau
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/JLK.2025.v13.i04.p11

Abstrak

Kursus online telah menjadi semakin popular di era digital, menawarkan fleksibilitas, akses ke materi dan kolaborasi yang lebih baik. Namun, penyedia kursus online menghadapi tantangan dalam memahami preferensi pengguna untuk mengembangkan strategi pemasaran yang efektif. Studi ini menggunakan algoritma klastering K-means untuk menganalisis popularitas kursus online di platform Udemy. Analisis ini didasarkan pada dataset Kaggle yang berisi atribut kursus seperti jumlah pendaftara, ulasan, dan lainnya. Metode Elbow digunakan untuk menentukan jumlah kluster yang optimal, dengan hasil menunjukkan bahwa K=4 adalah yang optimal. Kualitas pengelompokan dinilai menggunakan Davies-Bouldin Index (DBI) dan Skor Silhouette, menghasilkan nilai DBI sebesar 0,65171 dan Skor Silhouette sebesar 0,6269, yang menunjukkan pemisahan kluster yang baik. Studi ini mengungkapkan empat kluster kursus yang berbeda, masing-masing dengan popularitas dan karakteristik yang bervariasi. Penelitian ini dapat membantu penyedia kursus menciptakan strategi pemasaran yang lebih terarah, meningkatkan keterlibatan dan kepuasan pengguna berdasarkan karakteristik spesifik dari setiap kelompok kursus

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2025-05-16
##submission.howToCite##
HIDAYAT, Rahmat et al. Popularitas Kursus Online: Analisis Mendalam dengan K-Means di Platform Udemy. JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana), [S.l.], v. 13, n. 4, p. 843-854, may 2025. ISSN 2654-5101. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jlk/article/view/124222>. Tanggal Akses: 04 nov. 2025 doi: https://doi.org/10.24843/JLK.2025.v13.i04.p11.