Analisis Dan Visualisasi Data Untuk Meningkatkan Penjualan Menggunakan Exploratory Data Analysis Dan Looker Studio (Studi Kasus : Nies Collection)

  • Melanie Putri Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Apriade Vaoutama Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Dengan kemudahan akses dan penggunaan teknologi yang semakin luas, berbagai sektor dihadapkan pada tuntutan untuk terus berinovasi menuju perubahan yang lebih baik. Fenomena maraknya perdagangan online menimbulkan tantangan baru bagi semua pelaku ekonomi, yang harus berlomba-lomba dalam memikat konsumen untuk bertransaksi. Nies Collection, sebuah toko fashion wanita yang beroperasi dalam salah satu platform e-commerce terkemuka yaitu Shopee, turut serta dalam dinamika ini. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis pola penjualan Nies Collection selama beberapa bulan terakhir. Data yang digunakan merupakan data penjualan yang dikumpulkan dari rentang waktu 16 Agustus hingga 16 November 2023 yang kemudian akan diproses dan dianalisis secara menyeluruh untuk menghasilkan informasi yang bermanfaat guna meningkatkan kinerja penjualan, serta mengembangkan Toko Nies Collection ke depannya. Metode yang digunakan dalam analisis data ini adalah Exploratory Data Analysis (EDA), didukung oleh platform Google Colaboratory. Selain itu, visualisasi data akan dilakukan secara real-time melalui platform Looker Studio, memungkinkan pemahaman yang lebih mendalam terhadap tren dan pola penjualan. Hasil analisis dan visualisasi data akan menjadi dasar untuk menyusun rekomendasi strategis bagi Nies Collection. Tujuan utamanya bukan hanya untuk meningkatkan volume penjualan, tetapi juga untuk memperkuat posisi toko dalam pasar dan menciptakan pertumbuhan yang berkelanjutan di masa mendatang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-05-06
How to Cite
PUTRI, Melanie; VAOUTAMA, Apriade. Analisis Dan Visualisasi Data Untuk Meningkatkan Penjualan Menggunakan Exploratory Data Analysis Dan Looker Studio (Studi Kasus : Nies Collection). JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana), [S.l.], v. 12, n. 4, p. 899-914, may 2024. ISSN 2654-5101. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jlk/article/view/114091>. Date accessed: 01 july 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JLK.2024.v12.i04.p15.