Strategi pemasaran restoran bale udang mangengking denpasar bali di era pandemi covid-19

MARKETING STRATEGY OF BALE SHRIMP MANGENGKING RESTAURANT DENPASAR BALI IN THE ERA OF THE COVID-19 PANDEMIC

  • Gio Fany Tampubolon Universitas Udayana
  • Anak Agung Putri Sri Udayana University
  • Agus Muriawan Putra Udayana University

Abstract

Restoran Bale Udang Mangengking Denpasar, Bali merupakan Restoran berdiri pertama tahun 2009. Restoran Bale Udang adalah restoran pertama di bali yang menawarkan hidangan udang dengan pengalaman bale terapung di tengah hiruk pikuk. Restoran Bale Udang Mangengking memiliki konsep Indonesian Food (Halal). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran Restoran Bale Udang Denpasar, Bali. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT. Hasil penelitian strategi pemasaran Restoran Bale Udang Mangengking Denpasar memiliki kekuatan yaitu makanan fresh food, evaluasi kualitas makanan satu bulan sekali, menu tradisional-modern. Kelemahan yaitu belum bekerja sama dengan dinas pariwisata, belum melakukan promosi sosial media lain, telemarketing hanya menghubungi database Bali. Peluang yaitu membuka peluang menarik banyak pelanggan, peluang venue for all event size, penerapan protokol covid-19. Ancaman yaitu pemasaran kurang max, tidak ada staff it, kurang dikenal diluar daerah Bali. Saran yang dapat diberikan kepada Restoran Bale Udang Mangengking Denpasar yaitu agar membuat cooking class online dimasa pandemi covid-19 dan jika sudah normal nanti baru mengadakan cooking class offline, membuat paket breakfast dimasa pandemi covid-19 karena buka lebih awal, membuat tempat penitipan barang, membuka lowongan staff IT, menambah jumlah karyawan dan menaikkan standart karyawan, membuat akun sosial media lain seperti Twitter dan Youtube dalam media promosi, bekerja sama dengan Dinas Pariwisata atau yang berkaitan pemerintahan, membuat note garansi compliment dessert jika makanan terlambat datang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-05-26
How to Cite
TAMPUBOLON, Gio Fany; PUTRI SRI, Anak Agung; PUTRA, Agus Muriawan. Strategi pemasaran restoran bale udang mangengking denpasar bali di era pandemi covid-19. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 77-94, may 2024. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/76573>. Date accessed: 17 june 2024.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>