Implementasi core value di sheraton bali kuta resort

  • I Nyoman Ari Wijaya Universitas Udayana
  • Agung Sri Sulistyawati Universitas Udayana
  • I Nyoman Jamin Ariana Universitas Udayana

Abstract

Abstrak


Latar  belakang  penelitian  ini bermula pada nilai dalam perusahaan Marriott  yang  dilaksanakan semua karyawan sebagai pedoman dalam bekerja yakni core value Marriott. Core value Marriott ialah nilai inti perusahaan Marriott dalam menjalankan bisnisnya. Namun core value Marriott ini belum sepenuhnya dilaksanakan oleh karyawan, bahkan karyawan ada yang belum hafal dengan core value Marriott. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui implementasi dan persepsi karyawan terhadap core value di Sheraton Bali Kuta Resort. Jenis data penelitian ini ialah data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data ialah data primer dan sekunder.  Teknik  pengumpulan  data  yakni  observasi,  wawancara,  kuesioner,  dan  dokumentasi.  Teknik analisis  data  yaitu  deskriptif  kualitatif.  Teknik  penentuan  sampel  yakni  propotional  stratified  random sampling disertai dengan simple random sampling. Hasil implementasi core value ialah implementasi put people first terkait program take care, job opportunity, sarana dan prasarana kesejahteraan, dan asuransi bagi associate. Implementasi persue excellence terkait program pelatihan pengembangan karir dan skill, cross training, dan associate award. Implementasi embrance change terkait pelatihan dan sosialisasi perubahan jaman serta perkembangan teknologi. Implementasi act with integrity terkait see something, say something. Implementasi serve our world terkait kontribusi terhadap alam dan lingkungan masyarakat sekitar. Persepsi karyawan terhadap core value di Sheraton Bali Kuta Resort ialah core value put people first yaitu 3,42 berkategori setuju, core value persue excellence yakni 4,2 berkategori setuju, core value embrance change ialah 4,29 berkategori sangat setuju, core value act with integrity ialah 4,14 berkategori setuju, dan core value serve our world yaitu 4,03 berkategori setuju. Perolehan persepsi associate atau karyawan terkait core value keseluruhan yaitu 4,016 berkategori setuju. Saran pada penelitian ialah manajemen Sheraton Bali Kuta Resort senantiasa rutin sosialisasi terkait core value Marriott.


Kata kunci : Nilai, Implementasi, Persepsi dan Core Value.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-23
How to Cite
WIJAYA, I Nyoman Ari; SULISTYAWATI, Agung Sri; ARIANA, I Nyoman Jamin. Implementasi core value di sheraton bali kuta resort. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 133-148, june 2020. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/61164>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JKH.2020.v04.i01.p010.