Analisis dampak perkembangan pariwisata terhadap perilaku konsumtif masyarakat wilayah bali selatan

  • Febi Febianti stpbi
  • Nyoman Urbanus

Abstract

ANALISIS DAMPAK PERKEMBANGAN PARIWISATA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MASYARAKAT WILAYAH BALI SELATAN


 


I Nyoman Urbanus1 dan Febianti2


1,2Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional


Surel: 1nyomanurbanus@gmail.com


2febiantitantra@gmail.com


 


ABSTRAK


                                                                                  


Perkembangan industri akibat adanya pertubumhan pariwisata yang pesat pada era globalisasi ini membuat penyediaan barang di kawaan pariwisata menjadi berlimpah. Banyak fasilitas komersil mulai terbangun di kawasan pariwisata, mulai dari mall, supermarket sampai pusat oleh-oleh. Dengan begitu masyarakat akan dengan mudah tertarik untuk mengkonsumsi barang karena banyak sekali pilihan yang ada. Kebiasaan dan gaya hidup masyarakat berubah dalam waktu yang relatif singkat menuju ke arah kehidupan mewah dan cenderung berlebihan yang pada akhirnya menimbulkan pola hidup konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengidentifikasi perkembangan pariwisata Bali, 2) Mengidentifikasi dampak perkembangan pariwisata Bali, dan 3) Mengidentifikasi perilaku konsumtif masyarakat. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metodelogi penelitian kualitatif. Hal ini dikarenakan objek yang diteliti merupakan suatu realita yang tidak dapat dilihat secara parsial, objek yang bersifat dinamis, hasil konstruksi pemikiran dan interpretasi terhadap gejala yang diamati harus secara utuh dan menyeluruh (holistik), karena semua komponen yang ada dalam rangkaian penelitian tersebut saling terhubung satu sama lain. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan secara langsung/observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi/ studi literatur.


Hasil dari penelitian ini adalah memperlihatkan 1) Deskripsi perkembangan pariwisata Bali dilihat dari Pengembangan ODTW, Pengembangan  Sarana dan Prasarana Wisata, Pengembangan Pasar dan Promosi Wisata, Kesejahteraan Masyarakat, 2) Dampak yang ditimbulkan akibat perkembangan pariwisata terhadap aspek ekonomi, sosial budaya dan lingkungan masyarakt Bali, dan 3) Faktor penyebab dan dampak yang ditimbulkan akibat dari perilaku konsumtif masyarakat. Rekomendasi dari penelitian ini memberikan masukan kepada Pemerintah dalam mengantisipasi perkembangan sarana akomodasi yang sangat dinamis, sehingga bermanfaat di dalam mensejahterakan masyarakat dan membantu pemerintah dalam mengkaji ulang rencana tata ruang untuk mengatasi permasalahan pembangunan akomodasi serta memperbaiki pola prilaku masyarakat.


                                                          


Kata Kunci: dampak, perkembangan pariwisata, perilaku konsumtif


 



Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-10-31
How to Cite
FEBIANTI, Febi; URBANUS, Nyoman. Analisis dampak perkembangan pariwisata terhadap perilaku konsumtif masyarakat wilayah bali selatan. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 118-133, oct. 2017. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/35148>. Date accessed: 18 apr. 2024.