Rancang Bangun Game Mobile Action Adventure dengan Latar Objek Wisata di Bali Berbasis Android

  • Putu Andre Mahaputra Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Made Agus Dwi Suarjaya Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Putu Agus Eka Pratama Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Game Mobile adalah jenis hiburan yang bersifat portable dapat bermain dimana saja. Game Mobile dibuat di berbagai macam platform, salah satunya adalah platform Android. Bali merupakan suatu daerah yang memiliki banyak tempat wisata dan budaya yang masih lestari. Penelitian ini menggunakan daerah wisata di Bali sebagai background atau stage pada game mobile berbasis android dengan genre action adventure. Finite State Machines (FSM) adalah algoritma yang akan diimplementasikan sebagai AI pada karakter lawan (NPC) yang digunakan untuk membentuk perilaku karakter berdasarkan keadaan yang sudah di tentukan. Penelitian ini diharapkan dapat memperkenalkan daerah wisata di Bali melalui platform mobile berbasis Android kepada para pemain. Hasil uji coba penelitian menggunakan kuesioner terhadap 30 responden dengan perhitungan Skala Likert mendapatkan nilai persentase 52,67% pada aspek grafis dan 50% pada aspek fungsionalitas. Kriteria interpretasi skor berdasarkan interval adalah 50% sampai 74%, maka dari itu game ini termasuk pada kategori layak untuk dimainkan.

Published
2023-01-27
How to Cite
MAHAPUTRA, Putu Andre; SUARJAYA, I Made Agus Dwi; EKA PRATAMA, I Putu Agus. Rancang Bangun Game Mobile Action Adventure dengan Latar Objek Wisata di Bali Berbasis Android. JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 1602-1612, jan. 2023. ISSN 2747-1233. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jitter/article/view/97491>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JTRTI.2023.v04.i01.p05.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.