Audit Tata Kelola TI Pada Organisasi Perangkat Daerah Di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten X Dengan Menggunakan Pendekatan Framework Cobit 5 (Studi Kasus: Dinas Kebudayaan, Dinas Pariwisata, dan Dinas Sosial)

  • Jedy Goestaman Frannata Wangsa Universitas Udayana
  • I Nyoman Piarsa
  • Ni Kadek Dwi Rusjayanthi

Abstract

Peranan teknologi informasi dalam manajemen dapat meningkatkan efektivitas manajemen pemerintahan dalam melaksanakan good governance. Pemanfaatan teknologi di dinas kebudayaan, dinas pariwisata dan dinas sosial kabupaten X bertujuan untuk mendukung proses bakti sosial untuk menciptakan tata pemerintahan yang baik dalam mengimplementasikan indikator kerja tahun 2022-2027. Tujuan pemeriksaan manajemen TI dengan menggunakan kerangka kerja Cobit 5 adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan instansi tersebut. Fungsi framework Cobit 5 adalah EDM (Evaluate, Direct dan Monitor), APO (Align, Plan, dan Organize), BAI (Build, Acquire, dan Implement), DSS (Deliver, Service, dan Support) dan MEA (Monitor, Evaluate, dan Assess). pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD), wawancara dengan narasumber dan penyebaran kuesioner. Ada 3 proses pada tingkat capability Dinas Kebudayaan yaitu APO11, APO07 dan EDM04, yang berada pada level 1 (belum semua tercapai) menunjukkan perbedaan pada GAP 3. Ada 5 proses pada tingkat capability Dinas Pariwisata yaitu APO06, APO04, MEA01 dan APO07 yang berada pada level 1 (belum semua tercapai) menunjukkan perbedaan pada GAP 3, proses DSS02 berada pada level 2 (sebagian besar tercapai), menunjukkan perbedaan. pada GAP 2. Terdapat 3 proses pada level kapabilitas pelayanan sosial yaitu MEA01, DSS02 dan DSS01 yang berada pada level 1 (belum semua tercapai), menunjukkan perbedaan pada GAP 3. Rekomendasi dibuat menggunakan referensi Cobit 5 untuk jangkauan tingkat yang dicapai sepenuhnya.

Published
2023-01-01
How to Cite
FRANNATA WANGSA, Jedy Goestaman; PIARSA, I Nyoman; DWI RUSJAYANTHI, Ni Kadek. Audit Tata Kelola TI Pada Organisasi Perangkat Daerah Di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten X Dengan Menggunakan Pendekatan Framework Cobit 5 (Studi Kasus: Dinas Kebudayaan, Dinas Pariwisata, dan Dinas Sosial). JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, [S.l.], v. 3, n. 3, p. 1323-1335, jan. 2023. ISSN 2747-1233. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jitter/article/view/95981>. Date accessed: 06 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JTRTI.2022.v03.i03.p07.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.