Systematic Literature Review Implementasi Interpersonal Skill Remaja Dalam Penggunaan Media Sosial
Abstract
Abstrak
Teknologi sekarang berkembang cukup besar dan cepat dengan adanya Internet, membuat remaja secara tidak sadar menjadi kelompok digital native karena manusia sekarang sangat ketergantungan dengan teknologi bahkan tanpa diajari cara penggunaan teknologi tersebut. Remaja bisa menjadi sasaran utama dalam perubahan interaksi digital karena dianggap paling peka dan diharapkan bisa membawa perubahan dalam mengatasi problematika masyarakat digital. Interaksi secara berlebihan di media sosial dengan pola tidur yang kurang tepat biasanya dapat menyebabkan kesehatan terganggu. Namun, bagaimana implementasi interpersonal skill remaja dalam menggunakan media sosial bisa semaksimal mungkin berjalan dengan baik atau tidak kita belum mengetahuinya dengan pasti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran implementasi interpersonal skill remaja dalam penggunaan media sosial serta pengaruh apa yang didapatkannya. Metode yang digunakan dengan Systematic literature review (SLR). Hasil menunjukkan interpersonal skill harus menjadi keterampilan digunakan untuk melawan efek negatif atau hambatan penggunaan media sosial. Pengaruh media sosial terhadap interpersonal skill bagi remaja menunjukkan bahwa pelajar di usia remaja sangat menikmati media sosial untuk ajang bertemu teman baru secara online daripada bertemu langsung sehingga dampaknya mereka menghabiskan banyak waktu sebagai sarana berinteraksi dan komunikasi.